Persiapkan Dana Pendidikan Anak dengan MASku dari WOM Finance

  



            Sejak menjadi new mom selama kurang lebih empat bulan ini sangat menyadarkan diri bahwa anak adalah amanah sesungguhnya yang patut kita jaga. Rasa hati menganggap tak boleh ada satupun yang bisa menyakitinya. Walaupun hanya nyamuk kecil yang kadang menggigitnya dikala tidur. Apalagi untuk perjalanan masa depannya nanti. Tentu harus mulai dipikirkan dari sekarang sedini mungkin.

            Detik demi detik yang saya lewati bersama buah hati menunjukkan diri ini masih banyak kurangnya. Mungkin yang pernah melewati fase ini mengalaminya dan itu sangatlah menyayat hati. Tak tersadar air mata sering menetes tatkala si kecil sedang tertidur lelap. Saya sebagai orangtua menjadi lebih sering overthinking atau berpikir secara berlebihan setiap malam menjelang tidur. Hal ini terjadi karena saya takut tidak bisa menjadi ibu yang baik bagi si kecil atau bahkan ibu yang jahat.

            Kalau hanya dipikirkan tentu membuat otak menjadi lemah tanpa ada tindakan yang menyertai. Sebagai ibu, saya harus terus bergerak untuk bisa membuat rencana jangka panjang agar membuat ruang hati sedikit lega. Tak lupa mengajak suami sebagai support system untuk melangkah maju. Salah satunya dengan membuat dana pendidikan untuk sang buah hati.

`           Apa itu dana pendidikan?

            Dana pendidikan adalah dana yang bisa kita persiapkan jauh-jauh hari untuk anak bisa bersekolah dan tak lupa fasilitas pendukung pelajaran. Karena buah hati kami baru berusia 4 bulan, akan lebih mudah untuk mempersiapkannya sekarang. Ditambah kebutuhan-kebutuhan belum terlalu banyak untuk sehari-hari. Sehingga uang yang bisa kita tabung porsinya lebih banyak agar cepat tercapai tujuan keuangan.

            Namun, terbesit dipikiran kami berdua yang selalu berdiskusi setiap malam. Kalau hanya sekedar menabung pasti akan tergerus inflasi. Mengingat setiap tahun bahan pokok akan kian naik dan mata uang menjadi kecil nilainya. Kami akan rugi kalau hanya sekedar menabung dan tujuan keuangan pun tidak tercapai. Setelah berpikir panjang, kami sepakat untuk mengalokasikan dana pendidikan menjadi emas yang mana nilainya cenderung lebih stabil. Setidaknya bisa mempertahankan mata uang hehe...

            Tips Persiapkan Dana Pendidikan Anak

1. Menentukan di mana anak akan bersekolah
Sebelum menyiapkan dana pendidikan kita diskusi terlebih dahulu dengan suami. Kira-kira nanti sang buah hati mau kita masukkan ke sekolah negeri atau swasta. Dari dua sekolah ini saja akan ada perbedaan dari segi pembiayaan. Biasanya sekolah negeri tidak semahal sekolah swasta dan juga perbedaan fasilitas kedua sekolah.
2.  Mencari tahu perbandingan harga tiap sekolah
Setelah kita tahu mau memasukkan ke sekolah mana, selanjutnya membandingkan harga dari tiap sekolah. Misalkan saya mau memasukkan ke sekolah swasta, saya mesti mencari informasi dari kerabat yang anaknya bersekolah di sekolah swasta. Atau bisa juga kita datang langsung untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci dan detail. Biasanya admin di  sekolah akan memaparkan dengan baik. Tak lupa tanyakan biaya apa saja yang mesti dikeluarkan, seperti uang tahunan, uang outing class, atau ada uang catering. Karena tiap sekolah pasti berbeda-beda dan jangan lupa dicatat ya untuk bahan diskusi dengan suami.
3.  Tambahin tingkat inflasi
Kalau kita mau menabung jangan lupa untuk menambhahkan inflasi di dalamnya. Seperti kita tahu mata uang akan selalu berkurang nilanya karena inflasi ini. Teman-teman bisa menambahkan sekitar 3-4%  untuk iuran bulanan seperti uang SPP, uang les, dan uang bulanan lainnya dan sekitar 10-15%  untuk uang pangkal sekolah.
4.  Tabung dan investasi
Setelah kita mengetahui jumlah dana pendidikan yang kita butuhkan, selanjutnya kita akan menabung dengan jangka waktu dari umur anak sekarang sampe jenjang pendidikannya. Namun ingat semakin cepat kita mengumpulkan dana pendidikan anak, semakin lega pula hati ini untuk menyiapkan dana pendidikan jenjang selanjutnya atau dana pendidikan adiknya lagi.

Berikut saya simulasikan perhitungan dana pendidikan anak saya untuk mau masuk TK:

Biaya Masuk : 5.000.000 + inflasi 10% Pertahun x 5 tahun = 7.500.000

Uang SPP x 12 bulan : 200.000 x 12 + inflasi  4% pertahun = 2.440.000

Total : 9.940.000 saya bulatkan jadi 10.000.000

 
 


   

Wah ternyata biaya untuk masuk pendidikan jenjang TK aja bisa sampai 10 juta untuk jangka waktu 5 tahun ke depan. Belum lagi pendidikan SD, SMP, SMA, bahkan kuliah akan banyak lagi biaya yang akan dibutuhkan. Untuk itu dana pendidikan anak menjadi hal yang sangat serius dipikirkan dan dicari solusinya. Untung ada Wom Finance jadi Semua pasti ada harapan. Untuk membentuk generasi yang berakhlak mulia dan lebih baik lagi dari orangtuanya. Namanya ikhtiar pasti ada jalannya.

            Saya dan suami sepakat untuk menaruh dana pendidikan anak dalam bentuk emas agar nilainya tetap dan tidak tergerus inflasi. Jika menelaah dana pendidikan untuk anak kami dijenjang TK membutuhkan dana sekitar 10 Juta atau sekitar 10gr emas untuk harga emas saat ini. Namun kalau sekarang mau beli langsung 10 gr belum ada dananya dan kalau hanya menabung tentu harga emas akan kian melambung.

             Tapi jangan bersedih para orangtua yang ingin memberikan pendidikan layak untuk anak. Karena Program MASku dari WOM Finance. Alhamdulillah Saat ini #WOMFinance telah #MembukaHarapanBaru untuk masyarakat yang memerlukan tambahan dana secara cepat untuk #PembiayaanKebutuhan seperti renovasi rumah, tambahan modal usaha, pendidikan dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Terutama untuk saya yang ingin mempersiapkan dana pendidikan anak di masa depan dengan WOM Finance yang bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.



            Dengan keterbatasan yang kita miliki tetap ada harapan untuk memberikan pendidikan terbaik untuk anak. Apalagi warisan terbaik yang diturunkan bukanlah harta melainkan ilmu. Sudah sangat pas jika kita terus mengupayakan yang terbaik dengan program MASku  dari WOM Finance. MASKu adalah layanan pembiayaan logam mulia (emas) 24K kepada masyarakat secara cicilan/kredit. MASKu hadir sebagai solusi dalam rangka membantu dan memudahkan masyarakat untuk memiliki logam mulia (emas) yang aman dan terpercaya.

            Tak perlu takut lagi kalau sekarang belum punya uang yang cukup untuk beli emas 10gr untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Tak perlu takut juga harga emas kian melambung kalau tidak beli dari sekarang. Karena saya bisa cicil emas sekarang dengan harga emas saat ini. Alhamdulillah dimudahkan jalannya untuk ikhtiar pendidikan anak yang lebih baik.

            Program cicilan emas MASKu ini sudah aman karena diawasi OJK dan juga mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya adalah :

·         JUJUR, harga yang diberikan adalah harga logam mulia ANTAM saat ini.

·         MUDAH, proses pengajuan yang mudah hanya perlu KTP dan KK.

·         ASLI, emas yang dijual adalah logam mulia ANTAM asli.

·         FIX, cicilan mempunyai nominal yang mengikat tanpa ada perubahan.

·         AMAN, logam mulia yang masih dalam cicilan disimpan dengan aman.

·        TETAP, cicilan mempunyai nominal yang tetap sesuai saat pengajuan meskipun harga emas mengalami peningkatan.

·       FLEXIBEL, jangka waktu cicilan bisa dipilih sesuai kemampuan yaitu 12, 24 atau 36 bulan.

·    PEMBAYARAN, pembayaran yang mudah bisa melalui e-wallet maupun tunai di seluruh jaringan WOM Finance di Indonesia.

·         PEMBIAYAAN, pembiayaan secara syariah antara 1-1,2% perbulan

Untuk proses pengajuannya juga sangat mudah. Teman-teman hanya menyiapkan KTP dan KK saja dan bisa langsung melakukan pengajuan pembiayaan cicilan emas. Proses pengajuan bisa dilakukan secara online melalui website cicilan emas maupun melalui aplikasi pembiayaan kAWAN yang bisa didownload di Google Playstore. Dan kabar baiknya untuk proses pengajuan yang kita lakukan sepanjang tahun 2023 yang akan berakhir di desember nanti berkesempatan mengikuti Program UndianBerhadiah WOMBASTIS 2023. akan ada hadiah menarik. #UntungAdaKAWAN memang solusi keuangan keluarga.



Berikut hadiah menarik yang akan diundi dan dibagikan kepada seluruh Kawan setia WOM Finance pada program undian berhadiah WOMBASTIS 2023:

ü  25 Paket Pembayaran Angsuran hingga 5 Juta Rupiah

ü  25 keping Logam Mulia masing-masing seberat 5 Gram

ü  10 unit sepeda motor Yamaha Mio

ü  10 unit sepeda motor Honda Beat

ü  Grand Prize 1 unit Mobil Suzuki Ertiga Hybrid

Sebagai kaum yang sangat detail soal financial, saya sangat senang sekali bisa mengikuti program Masku dari Wom Finance. Bagaimana tidak bahagia hati ini. Dana pendidikan bisa terkumpul, cicilan mudah dan ringan, eh dapat undian hadiah yang bombastis pula. Kita kan tidak tahu ya rezeki anak. Semoga saja bisa dapat salah satu hadiahnya. Hehehe...

Teman-teman jangan lupa ya untuk persiapkan dana pendidikan anak juga bersama Program MASku dari WOM Finance. Setiap kita pasti punya harapan untuk hidup yang lebih baik.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Drama Beuty and the Beast versi B.Inggris

HERNIA DIAFRAGMATIKA (KELAINAN PADA PEMBENTUKAN SISTEM PERNAFASAN)

MODUL AJAR PAI BAB 3 KELAS 1 SD/MI FASE A KURIKULUM MERDEKA