MODUL AJAR PAI BAB 3 KELAS 1 SD/MI FASE A KURIKULUM MERDEKA

 

MODUL AJAR

KURIKULUM MERDEKA

 

IDENTITAS MODUL

Penyusun                   : Muhammad Rifki Azhari, S.Pd

Instansi                      :

Tahun Penyusunan    : 2022

Jenjang Sekolah         : SD/MI

Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam

Fase/Kelas                 : A/1

Bab 3                         : Aku Suka Membaca Basmalah dan Hamdalah

Tema                                     : Membaca Basmalah

  Alokasi Waktu          : 2 Minggu

KOMPETENSI AWAL

·      Peserta didik diharapkan mampu membiasakan diri membaca basmalah

·      Peserta didik diharapkan mampu melafalkan basmalah dengan lancar;

·      Peserta didik diharapkan mampu menyebutkan arti basmalah dengan benar

PROFIL PELAJAR PANCASILA

·      Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa,

·      Berakhlak Mulia,

·      Mandiri,

·      Bernalar Kritis,

·      Kreatif,

·      Bergotong-Royong,

·      Berkebinekaan Global

SARANA DAN PRASARANA

1)  Papan tulis, spidol, serta alat tulis lainnya

2)  Proyektor LCD, pelantang (speaker) aktif, laptop, serta media pembelajaran interaktif berupa video dan poster bacaan basmalah

TARGET PESERTA DIDIK

·      Peserta didik reguler/tipikal

MODEL PEMBELAJARAN

·      Model pembelajaran tatap muka.

·      Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, dan reading aloud

KOMPONEN INTI

A.  TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tujuan Pembelajaran :

·      Peserta didik diharapkan mampu membiasakan diri untuk membaca basmalah, melafalkan basmalah dengan lancar, dan menyebutkan arti basmalah dengan benar.

B.  PEMAHAMAN BERMAKNA

·      Membiasakan diri membaca basmalah

·      Melafalkan basmalah dengan lancar;

·      Menyebutkan arti basmalah dengan benar

C.  PERTANYAAN PEMANTIK

·         Menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh empat anak pada Gambar 3.2.

D. PERSIAPAN BELAJAR

ü  Guru menyapa siswa dan memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar (Morning talk)

ü  Guru dan siswa murojaah surah, hadist dan siroh (Circle time)

ü  Doa sebelum belajar

ü  Guru menyampaikan ketentuan dan peraturan sebelum belajar

ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi

D.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

·         Peserta didik telah siap menerima pelajaran. Setelah itu, guru mengawali pembelajaran dengan berdoa

·         Guru membangkitkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan bernyanyi atau bertepuk tangan bersama.

·         Guru meminta peserta didik untuk mengamati Gambar 3.1 pada buku teks. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk menceritakan gambar yang terdapat pada buku siswa tersebut, untuk selanjutnya diberikan penguatan oleh guru bahwa pada Gambar 3.1 tersebut menunjukkan kegiatan belajar mengajar di kelas 1, dimana anak-anak kelas 1 sedang mempelajari materi membaca basmalah dan hamdalah.

·         Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik terkait dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada Bab 3.

·         Peserta didik mengamati peta konsep dan guru memberikan penjelasan bahwa dalam peta konsep tersebut menggambarkan alur materi yang akan dipelajari dalam Bab 3.

 

Kegiatan Inti

·         Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok yang heterogen dengan jumlah anggota per kelompok sebanyak empat anak.

·         Peserta didik diarahkan untuk mengamati Gambar 3.3.

·         Guru menjelaskan bahwa penting untuk mengawali kegiatan dengan membaca basmalah.

·         Peserta didik yang sudah bisa melafalkan basmalah dimotivasi untuk membacakannya.

·         Guru menggunakan poster bacaan basmalah untuk memberikan visualisasi bentuk huruf hijaiah.

·         Peserta didik menirukan pelafalan basmalah satu per satu beserta artinya.

·         Guru memperhatikan pelafalan yang paling bagus dari peserta didik.

·         Beberapa peserta didik yang paling bagus pelafalannya diminta bergantian melafalkan dengan keras, Peserta didik yang lain diminta mendengarkan sambil melihat tulisan basmalah dan artinya.

·         Setiap kelompok diminta melafalkannya dengan keras secara bergantian.

·         Setiap kelompok mengutus satu anggota untuk diminta membaca keras.

·         Guru mengajak peserta didik melafalkannya bersama-sama dengan keras.

·         Guru mengulang melafalkan dengan keras beberapa kali sampai semua bacaan peserta didik dianggap cukup tartil dan lancar.

·         Pada rubrik Tekadku, peserta didik diajak mengucapkan kalimat “Aku akan membaca basmalah setiap mengawali kegiatan” dan melafalkannya secara berulang-ulang sehingga diharapkan dalam jiwa peserta didik tertanam tekad yang kuat untuk membaca basmalah setiap mengawali kegiatan.

·         Pada rubrik Kegiatanku, peserta didik menebalkan kalimat kaligrafi basmalah sederhana beserta artinya sesuai dengan Gambar 1.5 sekaligus menghiasnya dengan cara mewarnainya. Guru bisa memfotokopi kaligrafi basmalah tersebut kemudian membagikan kertas kaligrafi tersebut kepada peserta didik untuk ditebalkan sekaligus dihias dan diwarnai.

·         Pada rubrik Kegiatan Kelompokku, peserta didik saling menyimak bacaan basmalah beserta artinya secara bergantian.

·         Untuk menambah pengetahuan peserta didik terkait dengan membaca basmalah, guru menayangkan video tentang bacaan basmalah.

·         Pada rubrik Kuuji Kemampuanku, peserta didik menjawab soal pada buku siswa secara singkat dengan dipandu oleh guru.

 

Kegiatan Penutup

·         Menyimpulkan pembelajaran bahwa Dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

·         Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam

 

E.  REFLEKSI

Pada akhir pelajaran, guru dapat memandu peserta didik untuk melakukan aktivitas refleksi agar peserta didik dapat mengemukaan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

F.  ASESMEN / PENILAIAN

1)  Penilaian sikap spiritual dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagaiberikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

2)  Penilaian sikap sosial dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

Halwa

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 2) Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian tes lisan dan tulis. Tes lisan berupa tanya jawab dengan peserta didik. Sementara itu, untuk tes tulis, peserta didik diminta mengerjakan soal isian singkat yang tersedia pada buku siswa.

3) Penilaian keterampilan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian praktik. Instrumen yang digunakan adalah rubrik sebagai berikut.

Nama Peserta didik: ........................................

No.

Indikator

4

3

2

1

0

1

Melafalkan bacaan basmalah

 

 

 

 

 

2

Menyebutkan arti bacaan basmalah

 

 

 

 

 

3

Menunjukkan hafalan bacaan basmalah beserta artinya

 

 

 

 

 

• Skor 4 diberikan apabila peserta didik memenuhi empat kriteria.

• Skor 3 diberikan apabila peserta didik memenuhi tiga kriteria.

• Skor 2 diberikan apabila peserta didik memenuhi dua kriteria.

• Skor 1 diberikan apabila peserta didik memenuhi satu kriteria.

• Skor 0 diberikan apabila peserta didik memenuhi kriteria sama sekali.

Contoh kriteria: benar, tartil, jelas, dan fasih

Catatan: Guru dapat memilih teknik dan strategi pengembangan instrumen penilaian sendiri.

 

Kunci Jawaban

1. Sebelum memulai kegiatan, kita membaca .... (basmalah)

2. Bismill<hir-ra[m<nir .... (rahim)

3. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha .... (Penyayang)

Penskoran:

Tiap butir soal bernilai 10 sehingga jumlah skor sebanyak 30.

Nilai = Perolehan Nilai x 100

                Jumlah Skor

G.  KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Kegiatan Tindak Lanjut

1) Perbaikan

Kesempatan perbaikan nilai diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi KKM dengan cara meminta mereka mengulang materi yang dirasa sulit terlebih dahulu, lalu mencoba memberikan penilaian kembali.

 

2) Pengayaan

Kegiatan pengayaan diberikan kepada peserta didik yang sudah memenuhi KKM. Kegiatan pengayaan dapat berupa pendalaman materi dengan melakukan aktivitas pengayaan dan literasi yang terdapat pada buku siswa.

LAMPIRAN                       

A.  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) Ke-1

Nama :

Kelas :

Petunjuk!

Aku akan menebalkan tulisan basmalah di bawah ini

 

 

Nilai

 

Paraf Orang Tua

 

 

 

 

 

 

 

 

B.  BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK

·      Buku panduan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Sumber Belajar Lain yang Relevan (buku elektronik, gim, alat peraga, dan lain-lain)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MODUL AJAR

KURIKULUM MERDEKA

 

IDENTITAS MODUL

Penyusun                   : Muhammad Rifki Azhari, S.Pd

Instansi                      :

Tahun Penyusunan    : 2022

Jenjang Sekolah         : SD/MI

Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam

Fase/Kelas                 : A/1

Bab 3                         : Aku Suka Membaca Basmalah dan Hamdalah

Tema                                     : Membaca Hamdalah

  Alokasi Waktu          : 2 Minggu

KOMPETENSI AWAL

·      Peserta didik diharapkan mampu membiasakan diri membaca hamdalah

  • Peserta didik diharapkan mampu melafalkan hamdalah dengan lancar;
  • Peserta didik diharapkan mampu menyebutkan arti hamdalah dengan benar

PROFIL PELAJAR PANCASILA

·      Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa,

·      Berakhlak Mulia,

·      Mandiri,

·      Bernalar Kritis,

·      Kreatif,

·      Bergotong-Royong,

·      Berkebinekaan Global

SARANA DAN PRASARANA

1)  Papan tulis, spidol, serta alat tulis lainnya

2)  Proyektor LCD, pelantang (speaker) aktif, laptop, dan media pembelajaran interaktif berupa video dan poster bacaan hamdalah

TARGET PESERTA DIDIK

·      Peserta didik reguler/tipikal

MODEL PEMBELAJARAN

·      Model pembelajaran tatap muka

  • Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, dan reading aloud

KOMPONEN INTI

A.  TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tujuan Pembelajaran :

·      Peserta didik diharapkan mampu membiasakan diri untuk membaca hamdalah, melafalkan hamdalah dengan lancar, dan menyebutkan arti hamdalah dengan benar..

B.  PEMAHAMAN BERMAKNA

  • Membiasakan diri membaca hamdalah
  • Melafalkan hamdalah dengan lancar;
  • Menyebutkan arti hamdalah dengan benar

C.  PERTANYAAN PEMANTIK

·      Aku mengakhiri setiap kegiatan dengan membaca ....

D. PERSIAPAN BELAJAR

ü  Guru menyapa siswa dan memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar (Morning talk)

ü  Guru dan siswa murojaah surah, hadist dan siroh (Circle time)

ü  Doa sebelum belajar

ü  Guru menyampaikan ketentuan dan peraturan sebelum belajar

ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi

D.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

·         Peserta didik telah siap menerima pelajaran. Setelah itu, guru mengawali pembelajaran dengan berdoa

·         Guru membangkitkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan bernyanyi atau bertepuk tangan bersama.

·         Guru meminta peserta didik untuk mengamati Gambar 3.5 pada buku teks. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk menceritakan gambar yang terdapat pada buku siswa tersebut, untuk selanjutnya diberikan penguatan oleh guru bahwa pada Gambar 3.5 tersebut menunjukkan kegiatan belajar mengajar di kelas 1, dimana anak-anak kelas 1 sedang mempelajari materi membaca hamdalah.

·         Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik terkait dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada Bab 3.

·         Peserta didik mengamati peta konsep dan guru memberikan penjelasan bahwa dalam peta konsep tersebut menggambarkan alur materi yang akan dipelajari dalam Bab 3.

 

Kegiatan Inti

·         Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok yang heterogen dengan jumlah anggota per kelompok sebanyak empat anak.

·         Peserta didik diarahkan untuk mengamati Gambar 3.6.

·         Guru menjelaskan bahwa penting untuk mengakhiri kegiatan dengan membaca hamdalah.

·         Peserta didik yang sudah bisa melafalkan hamdalah dimotivasi untuk membacakannya.

·         Guru menggunakan poster bacaan hamdalah untuk memberikan visualisasi bentuk huruf hijaiah.

·         Peserta didik menirukan pelafalan hamdalah satu per satu beserta artinya.

·         Guru memperhatikan pelafalan yang paling bagus dari peserta didik.

·         Beberapa peserta didik yang paling bagus pelafalannya diminta bergantian melafalkannya dengan keras, sedangkan peserta didik yang lain mendengarkan sambil melihat tulisan hamdalah dan artinya.

·         Setiap kelompok diminta melafalkan dengan keras secara bergantian.

·         Setiap kelompok mengutus satu anggota untuk diminta membacakannya dengan keras.

·         Guru mengajak peserta didik melafalkannya dengan keras secara bersama-sama.

·         Guru mengulang pelafalan dengan keras beberapa kali sampai semua bacaan peserta didik dianggap cukup tartil dan lancar.

·         Pada rubrik Tekadku, peserta didik diajak mengucapkan kalimat “Aku akan membaca hamdalah setiap mengakhiri kegiatan” dan melafalkannya secara berulang-ulang sehingga diharapkan dalam jiwa peserta didik tertanam tekad untuk membaca hamdalah setiap mengakhiri kegiatan.

·         Pada rubrik Kegiatanku, peserta didik menebalkan kaligrafi hamdalah sederhana beserta artinya sesuai dengan Gambar 3.7 sekaligus menghias dengan cara mewarnainya. Guru bisa memfotokopi kaligrafi hamdalah tersebut kemudian membagikan kertas kaligrafi tersebut kepada peserta didik untuk ditebalkan sekaligus dihias dan diwarnai.

·         Pada rubrik Kegiatan Kelompokku, peserta didik saling menyimak bacaan hamdalah beserta artinya secara bergantian.

·         Untuk menambah pengetahuan peserta didik terkait dengan membaca hamdalah, guru menayangkan video tentang bacaan hamdalah.

·         Pada rubrik Kuuji Kemampuanku, peserta didik menjawab soal pada buku siswa secara singkat dengan dipandu oleh guru.

 

Kegiatan Penutup

·         Menyimpulkan pembelajaran bahwa Dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

·         Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam

 

E.  REFLEKSI

Pada akhir pelajaran, guru dapat memandu aktivitas refleksi peserta didik agar dapat mengemukaan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan

 

F.  ASESMEN / PENILAIAN

1)  Penilaian sikap spiritual dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

2)   Penilaian sikap sosial dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

3)  Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian tes lisan dan tulis. Tes lisan berupa tanya jawab dengan peserta didik. Sementara itu, untuk tes tulis, peserta didik mengerjakan soal isian singkat yang tersedia pada buku siswa.

4)   Penilaian keterampilan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian praktik. Instrumen yang digunakan adalah rubrik sebagai berikut.

Nama Peserta didik: ........................................

No.

Indikator

4

3

2

1

0

1

Melafalkan bacaan hamdalah

 

 

 

 

 

2

Menyebutkan arti bacaan hamdalah

 

 

 

 

 

3

Menunjukkan hafalan bacaan hamdalahbeserta artinya

 

 

 

 

 

• Skor 4 diberikan apabila peserta didik memenuhi empat kriteria.

• Skor 3 diberikan apabila peserta didik memenuhi tiga kriteria.

• Skor 2 diberikan apabila peserta didik memenuhi dua kriteria.

• Skor 1 diberikan apabila peserta didik memenuhi satu kriteria.

• Skor 0 diberikan apabila peserta didik memenuhi kriteria sama sekali.

Contoh kriteria: benar, tartil, jelas, dan fasih

Catatan: Guru dapat memilih teknik dan strategi pengembangan instrumen penilaian sendiri.

 

Kunci Jawaban

1) Setelah mengakhiri kegiatan, aku membaca .... (hamdalah)

2) Alhamdulillahi rabbil .... (‘alamin)

3) “Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh ....” (alam)

 

Penskoran:

Tiap butir soal bernilai 10 sehingga jumlah skor sebanyak 30.

                         Nilai= Perolehan Nilai x 100

                                            Jumlah Skor

 

G.  KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Kegiatan Tindak Lanjut

1) Perbaikan

Kesempatan perbaikan nilai diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi KKM dengan cara meminta mereka mengulang materi yang dirasa sulit terlebih dahulu, lalu mencoba memberikan penilaian kembali.

 

2) Pengayaan

Kegiatan pengayaan diberikan kepada peserta didik yang sudah memenuhi KKM. Kegiatan pengayaan dapat berupa pendalaman materi dengan melakukan aktivitas pengayaan dan literasi yang terdapat pada buku siswa.

 

 

 

LAMPIRAN                       

A.  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) Ke-1

 

Nama :

Kelas :

Petunjuk!

Aku akan menebalkan bacaan hamdalah di bawah ini

 

 

 

 

Nilai

 

Paraf Orang Tua

 

 

 

 

 

 

 

 

B.  BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK

·      Buku panduan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Sumber Belajar Lain yang Relevan (buku elektronik, gim, alat peraga, dan lain-lain)

 

MODUL AJAR

KURIKULUM MERDEKA

 

IDENTITAS MODUL

Penyusun                   : Muhammad Rifki Azhari, S.Pd

Instansi                      :

Tahun Penyusunan    : 2022

Jenjang Sekolah         : SD/MI

Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam

Fase/Kelas                 : A/1

Bab 3                         : Aku Suka Membaca Basmalah dan Hamdalah

Tema                                     : Bersikap Santun

  Alokasi Waktu          : 2 Minggu

KOMPETENSI AWAL

·      Peserta didik diharapkan mampu membiasakan diri bersikap santun

·      Peserta didik diharapkan mampu memberikan contoh bersikap santun dengan tepat

PROFIL PELAJAR PANCASILA

·      Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa,

·      Berakhlak Mulia,

·      Mandiri,

·      Bernalar Kritis,

·      Kreatif,

·      Bergotong-Royong,

·      Berkebinekaan Global

SARANA DAN PRASARANA

1)  Papan tulis, spidol, serta alat tulis lainnya

2)  Proyektor LCD, pelantang (speaker) aktif, laptop, serta media pembelajaran interaktif berupa video pembelajaran anak yang bersikap santun, dan gambar/poster perilaku santun

TARGET PESERTA DIDIK

·      Peserta didik reguler/tipikal

MODEL PEMBELAJARAN

·      Model pembelajaran tatap muka

·      Metode pembelajaran, tanya jawab, dan diskusi dan problem solving

KOMPONEN INTI

A.  TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tujuan Pembelajaran :

·      Peserta didik diharapkan mampu membiasakan diri untuk bersikap santun dan memberikan contoh bersikap santun dengan tepat.

B.  PEMAHAMAN BERMAKNA

·      Membiasakan diri bersikap santun

·      Memberikan contoh bersikap santun dengan tepat

C.  PERTANYAAN PEMANTIK

·      Siapa orang tua kita dan apa yang harus kita lakukan kepada mereka

D. PERSIAPAN BELAJAR

ü  Guru menyapa siswa dan memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar (Morning talk)

ü  Guru dan siswa murojaah surah, hadist dan siroh (Circle time)

ü  Doa sebelum belajar

ü  Guru menyampaikan ketentuan dan peraturan sebelum belajar

ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi

D.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

·         Peserta didik telah siap menerima pelajaran. Setelah itu, guru mengawali pembelajaran dengan berdoa

·         Guru membangkitkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan bernyanyi atau bertepuk tangan bersama.

·         Guru meminta peserta didik untuk mengamati Gambar 3.8 pada buku teks. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk menceritakan gambar yang terdapat pada buku siswa tersebut, untuk selanjutnya diberikan penguatan oleh guru bahwa pada Gambar 3.8 tersebut menunjukkan kegiatan belajar mengajar di kelas 1, dimana anak-anak kelas 1 sedang mempelajari materi Bersikap Santun.

·         Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik terkait dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada Bab 3.

·         Peserta didik mengamati peta konsep dan guru memberikan penjelasan bahwa dalam peta konsep tersebut menggambarkan alur materi yang akan dipelajari dalam Bab 3.

 

Kegiatan Inti

·         Peserta didik diminta duduk di tempat duduknya masing-masing.

·         Peserta didik diarahkan untuk mengamati Gambar 3.11.

·         Guru menjelaskan bahwa penting untuk bersikap santun kepada siapa pun, terutama kepada orang tua dan guru.

·         Guru menggunakan poster/gambar perilaku sehari-hari seorang anak yang berperilaku santun sebagai alat peraga untuk memberikan visualisasi bentuk perilaku santun.

·         Pada rubrik Sikapku, peserta didik diajak mengucapkan kalimat “Aku selalu bersikap santun kepada siapa saja” dan melafalkannya secara berulang-ulang sehingga diharapkan dalam jiwa peserta didik tertanam tekad untuk bersikap santun kepada siapa saja.

·         Pada rubrik Kegiatanku, tiap-tiap kelompok maju ke depan kelas. Mereka diajak bermain peran tentang cara berpamitan kepada ayah dan ibu. Bapak atau ibu guru berperan sebagai orang tua. Kemudian, tiap-tiap anak mempraktikkan cara berpamitan dengan bersalaman, mencium tangan, meminta doa, dan mengucapkan salam.

·         Untuk menambah pengetahuan peserta didik terkait dengan berperilaku santun, guru menayangkan video pembelajaran tentang cara berperilaku santun dalam salindia yang ditayangkan melalui proyektor LCD.

·         Pada rubrik Kuuji Kemampuanku, peserta didik diminta mengerjakan soal isian singkat pada buku siswa dengan dipandu oleh guru.

 

Kegiatan Penutup

·         Menyimpulkan pembelajaran bahwa Dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

·         Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam

 

E.  REFLEKSI

Pada akhir pelajaran, guru dapat memandu aktivitas refleksi peserta didik agar dapat mengemukaan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan

F.  ASESMEN / PENILAIAN

1)  Penilaian sikap spiritual dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

2)  Penilaian sikap sosial dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

3)  Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian tes lisan dan tulis. Tes lisan berupa tanya jawab dengan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Sementara itu, tes tulis dilakukan dengan meminta peserta didik mengerjakan soal isian singkat yang tersedia pada buku siswa.

4)  Penilaian keterampilan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian praktik pada saat peserta didik mempraktikkan cara berpamitan. Instrumen yang digunakan adalah rubrik sebagai berikut.

Nama Peserta didik: ........................................

No.

Indikator

4

3

2

1

1

Bersalaman

 

 

 

 

2

Mencium Tangan

 

 

 

 

3

Meminta Doa Restu

 

 

 

 

4

Mengucapkan Salam

 

 

 

 

• Skor 4 diberikan apabila peserta didik memenuhi empat kriteria.

• Skor 3 diberikan apabila peserta didik memenuhi tiga kriteria.

• Skor 2 diberikan apabila peserta didik memenuhi dua kriteria.

• Skor 1 diberikan apabila peserta didik memenuhi satu kriteria.

Catatan: Guru dapat memilih tehnik dan strategi untuk mengembangkan instrumen penilaian sendiri.

Kunci Jawaban

1. Ketika berangkat sekolah, kita berpamitan kepada .... (ayah dan ibu)

2. Kita mencium tangan orang tua dan memohon .... (doa restu)

3. Yang termasuk salah satu sikap anak santun adalah .... (berpamitan

kepada orang tua saat berangkat sekolah)

Penskoran:

Tiap butir soal bernilai 10 sehingga jumlah skor sebanyak 30.

                         Nilai= Perolehan Nilai x 100

                                            Jumlah Skor

G.  KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Kegiatan Tindak Lanjut

1) Perbaikan

Kesempatan perbaikan nilai diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi KKM dengan cara meminta mereka mengulang materi yang dirasa sulit terlebih dahulu, lalu mencoba memberikan penilaian kembali.

 

2) Pengayaan

Kegiatan pengayaan diberikan kepada peserta didik yang sudah memenuhi KKM. Kegiatan pengayaan dapat berupa pendalaman materi dengan melakukan aktivitas pengayaan dan literasi yang terdapat pada buku siswa.

LAMPIRAN                       

A.  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama :

Kelas :

Petunjuk!

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Ketika berangkat sekolah, berpamitan kepada ....

2. Mencium tangan orang tua dan memohon ....

3. Termasuk salah satu sikap anak santun adalah ....

 

 

Nilai

 

Paraf Orang Tua

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.  BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK

·      Buku panduan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Sumber Belajar Lain yang Relevan (buku elektronik, gim, alat peraga, dan lain-lain)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MODUL AJAR

KURIKULUM MERDEKA

 

IDENTITAS MODUL

Penyusun                   : Muhammad Rifki Azhari, S.Pd

Instansi                      :

Tahun Penyusunan    : 2022

Jenjang Sekolah         : SD/MI

Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam

Fase/Kelas                 : A/1

Bab 3                         : Aku Suka Membaca Basmalah dan Hamdalah

Tema                                     : Mensyukuri Nikmat Allah Swt

  Alokasi Waktu          : 2 Minggu

B.  KOMPETENSI AWAL

·      Peserta didik diharapkan mampu membiasakan diri untuk bersyukur

·      Peserta didik diharapkan mampu memberikan contoh cara bersyukur dengan tepat

C.  PROFIL PELAJAR PANCASILA

·      Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa,

·      Berakhlak Mulia,

·      Mandiri,

·      Bernalar Kritis,

·      Kreatif,

·      Bergotong-Royong,

·      Berkebinekaan Global

D.  SARANA DAN PRASARANA

1)  Papan tulis, spidol, serta alat tulis lainnya

2)  Proyektor LCD, pelantang (speaker) aktif, laptop, serta media pembelajaran interaktif berupa video tentang alam semesta, dan gambar/poster anggota tubuh.

E.  TARGET PESERTA DIDIK

·      Peserta didik reguler/tipikal

F.  MODEL PEMBELAJARAN

·      Model pembelajaran tatap muka

·      Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, dan card sort.

KOMPNEN INTI

A.  TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tujuan Pembelajaran :

·      Peserta didik diharapkan mampu membiasakan diri untuk bersyukur dan memberikan contoh cara bersyukur dengan tepat

B.  PEMAHAMAN BERMAKNA

·      Membiasakan diri untuk bersyukur

·      Memberikan contoh cara bersyukur dengan tepat

C.  PERTANYAAN PEMANTIK

·      Anggota badan yang sempurna, siapa yang memberikannya, dan apa yang harus dilakukan

D. PERSIAPAN BELAJAR

ü  Guru menyapa siswa dan memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar (Morning talk)

ü  Guru dan siswa murojaah surah, hadist dan siroh (Circle time)

ü  Doa sebelum belajar

ü  Guru menyampaikan ketentuan dan peraturan sebelum belajar

ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi

D.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

·         Peserta didik telah siap menerima pelajaran. Setelah itu, guru mengawali pembelajaran dengan berdoa

·         Guru membangkitkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan bernyanyi atau bertepuk tangan bersama.

·         Guru meminta peserta didik untuk mengamati Gambar 3.10 pada buku teks. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk menceritakan gambar yang terdapat pada buku siswa tersebut, untuk selanjutnya diberikan penguatan oleh guru bahwa pada Gambar 3.10 tersebut menunjukkan kegiatan belajar mengajar di kelas 1, dimana anak-anak kelas 1 sedang mempelajari materi Mensyukuri Nikmat Allah Swt.

·         Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik terkait dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada Bab 3.

·         Peserta didik mengamati peta konsep dan guru memberikan penjelasan bahwa dalam peta konsep tersebut menggambarkan alur materi yang akan dipelajari dalam Bab 3.

 

Kegiatan Inti

·         Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok yang heterogen dengan jumlah anggota per kelompok sebanyak empat anak.

·         Peserta didik diarahkan untuk mengamati Gambar 3.9.

·         Guru menjelaskan bahwa semua nikmat yang kita peroleh adalah pemberian Allah Swt. dan kita wajib mensyukurinya.

·         Guru menggunakan poster berisi gambar anggota tubuh manusia sebagai alat peraga untuk memberikan visualisasi bentuk nikmat pemberian Allah Swt.

·         Tiap-tiap kelompok diberikan guntingan kertas berisi nama anggota tubuh dan beberapa nama benda di sekitar. Kemudian, peserta didik diminta menyortir kartu yang tidak berisi nama anggota tubuh manusia.

·         Tiap-tiap kelompok maju ke depan kelas untuk membacakan hasil menyortir kartu.

·         Pada rubrik Sikapku, peserta didik diajak mengucapkan kalimat “Aku selalu bersyukur atas nikmat Allah Swt.” secara berulang-ulang sehingga diharapkan dalam jiwa peserta didik tertanam rasa syukur atas nikmat Allah Swt.

·         Pada rubrik Kegiatan Kelompokku, tiap-tiap kelompok maju ke depan kelas dan menyebutkan nikmat Allah Swt. yang telah diterimanya. Peserta didik diminta mengamati Gambar 3.10 pada buku siswa.

·         Untuk menambah pengetahuan peserta didik terkait dengan rasa syukur atas nikmat Allah Swt., guru menayangkan video pembelajaran tentang cara mensyukuri nikmat Allah dalam salindia yang ditayangkan melalui proyektor LCD.

·         Pada rubrik Kuuji Kemampuanku, peserta didik diminta mengerjakan soal isian singkat pada buku siswa dengan dipandu oleh guru.

 

Kegiatan Penutup

·         Menyimpulkan pembelajaran bahwa Dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

·         Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam

 

E.  REFLEKSI

Pada akhir pelajaran, guru dapat memandu aktivitas refleksi peserta didik agar dapat mengemukaan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan

F.  ASESMEN / PENILAIAN

1)  Penilaian sikap spiritual dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagaiberikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

2)  Penilaian sikap sosial dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 3) Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian tes lisan dan tulis. Tes lisan berupa tanya jawab dengan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Sementara itu, tes tulis dilakukan dengan meminta peserta didik mengerjakan soal isian singkat pada buku siswa.

 

Kunci Jawaban

1. Nikmat yang kita terima adalah pemberian .... (Allah Swt.)

2. Ketika mendapatkan nikmat, kita membaca .... (hamdalah)

3. Bersyukur dilakukan dengan membaca .... (Alhamdulillahi rabbil ‘alamin)

Penskoran:

Tiap butir soal bernilai 10 sehingga jumlah skor adalah 30.

                                        Nilai = Perolehan Nilai x 100

                                                           Jumlah Skor

G.  KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Kegiatan Tindak Lanjut

1) Perbaikan

Kesempatan perbaikan nilai diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi KKM dengan cara meminta mereka mengulang materi yang dirasa sulit terlebih dahulu, lalu mencoba memberikan penilaian kembali.

 

2) Pengayaan

Kegiatan pengayaan diberikan kepada peserta didik yang sudah memenuhi KKM. Kegiatan pengayaan dapat berupa pendalaman materi dengan melakukan aktivitas pengayaan dan literasi yang terdapat pada buku siswa.

 

Rubrik "Aku Pelajar Pancasila"

Dengan dipandu dan didampingi guru, peserta didik diminta membaca kalimat pada rubrik Aku Pelajar Pancasila. Selanjutnya, peserta didik diminta mengamati dan menceritakan Gambar 3.13.

 

Rubrik "Ayo, Menyanyi"

Guru mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu “Baca Basmalah dan Hamdalah” dengan nada lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung” atau nada lain yang relevan sebagai ice breaking. Kegiatan menyanyi ini boleh dilaksanakan pada awal, pertengahan, dan akhir pembelajaran.

 

Rubrik "Rangkuman"

Guru menyampaikan rangkuman materi “Aku Suka Membaca Basmalah dan Hamdalah” dengan bahasa sendiri, lalu meminta siswa untuk berlatih membaca rangkuman pada buku siswa dengan cermat.

 

Rubrik "Ayo, Kerjakan"

Siswa diminta mengerjakan rubrik ini dengan memberikan tanda centang pada kolom B atau S. Rubrik ini bisa dipakai sebagai bentuk penilaian pengetahuan bagi siswa dalam materi “Aku Suka Membaca Basmalah dan Hamdalah”. Setelah peserta didik selesai mengerjakannya, guru membahas soal tersebut dengan kunci jawaban sebagai berikut.

No.

Pernyataan

B

S

1

Memulai kegiatan dengan membaca basmalah

 

 

2

Mengakhiri kegiatan dengan membaca hamdalah

 

 

3

Bersikap santun kepada siapa pun

 

 

4

Bersyukur dengan membaca basmalah

 

 

5

Bacaan hamdalah adalah Alhamdulill<hi rabbil ‘alamin.

 

 

Penskoran:

Tiap butir soal bernilai 10 sehingga jumlah skor sebanyak 50.

                            Nilai= Perolehan Nilai x 100

                                            Jumlah Skor

 

Rubrik "Aku Ingin Tahu"

Pada rubrik ini, peserta didik dimotivasi untuk mendalami materi “Aku Suka Membaca Basmalah dan Hamdalah” dengan cara mencari dan melihat video tentang cara bersyukur di internet. Dalam mencari video tersebut peserta didik didampingi oleh orang tua di rumah. Pada pelajaran selanjutnya, peserta didik diminta menceritakan kembali video yang dilihatnya kepada bapak atau ibu guru di kelas.

 

Rubrik "Pengayaan"

Rubrik ini hanya diberikan kepada peserta didik yang sudah mencapai tujuan pembelajaran. Dalam pengayaan ditampilkan tambahan materi “Aku Suka Membaca Basmalah dan Hamdalah”. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat membacanya sendiri atau dipandu oleh guru/orang tua.

 

Interaksi Guru dengan Orang Tua/Wali Murid

Interaksi antara guru dan orang tua/wali murid terkait dengan perkembangan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dapat dilakukan dengan dengan cara sebagai berikut.

1. Orang tua/wali murid dapat menuliskan komentar pada rubrik Komentar Orang Tua pada buku siswa terkait dengan perkembangan belajar peserta didik, penguasaan terhadap materi pembelajaran, dan keterampilan. Komentar tersebut dapat ditulis pada buku penghubung orang tua/wali murid dengan guru ataupun ditulis pada buku tulis peserta didik masing-masing dengan disertai tanda tangan orang tua/wali murid.

2. Guru dapat memperoleh informasi dari orang tua terkait dengan kebiasaan mengaji dan melaksanakan ibadah salat peserta didik di rumah.

3. Guru dan orang tua/wali murid dapat bertukar informasi terkait dengan kesulitan belajar yang dialami peserta didik.

4. Komunikasi dan interaksi antara guru dan orang tua/wali murid dapat dilakukan melalui kunjungan rumah, komunikasi melalui media telekomunikasi/media sosial, atau melalui buku penghubung/rubrik komentar orang tua pada buku siswa.

 

LAMPIRAN                       

A.  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama :

Kelas :

Petunjuk!

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Nikmat yang kita terima adalah pemberian ....

2. Ketika mendapatkan nikmat, kita membaca ....

3. Bersyukur dengan membaca ....

 

Nilai

 

Paraf Orang Tua

 

 

 

 

 

 

 

 

B.  BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK

·      Buku panduan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Sumber Belajar Lain yang Relevan (buku elektronik, gim, alat peraga, dan lain-lain)

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Drama Beuty and the Beast versi B.Inggris

HERNIA DIAFRAGMATIKA (KELAINAN PADA PEMBENTUKAN SISTEM PERNAFASAN)