MODUL AJAR PAI KELAS 1 SD/MI BAB 2 FASE A KURIKULUM MERDEKA

 

MODUL AJAR

KURIKULUM MERDEKA

 

IDENTITAS MODUL

Penyusun                   : Muhammad Rifki Azhari, S.Pd

Instansi                      :

Tahun Penyusunan    : 2022

Jenjang Sekolah         : SD/MI

Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam

Fase/Kelas                 : A/1

Bab 2                         : Mengenal Rukun Iman

Tema                                     : Pengertian Rukun Iman

  Alokasi Waktu          : 2 Minggu

KOMPETENSI AWAL

·      Peserta didik diharapkan mampu mempercayai enam rukun iman;

·      Peserta didik diharapkan mampu membiasakan diri dengan sikap peduli;

·      Peserta didik diharapkan mampu membiasakan diri dengan sikap suka bekerja sama;

·      Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan rukun iman dengan baik;

·      Peserta didik diharapkan mampu menyebutkan macam-macam rukun iman dengan benar;

·      Peserta didik diharapkan mampu menghafal enam rukun iman dengan lancar

PROFIL PELAJAR PANCASILA

·      Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa,

·      Berakhlak Mulia,

·      Mandiri,

·      Bernalar Kritis,

·      Kreatif,

·      Bergotong-Royong,

·      Berkebinekaan Global

SARANA DAN PRASARANA

1)  Papan tulis, spidol, serta alat tulis lainnya

2)  Proyektor LCD, pelantang (speaker) aktif, laptop, serta media pembelajaran interaktif berupa gambar/poster

TARGET PESERTA DIDIK

·      Peserta didik reguler/tipikal

MODEL PEMBELAJARAN

·      Model pembelajaran tatap muka

·      Metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, dan diskusi dan matching card

KOMPNEN INTI

A.  TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tujuan Pembelajaran :

·      Peserta didik diharapkan mampu mengenal enam rukun iman dengan baik, memercayai enam rukun iman, dan menghafal enam rukun iman dengan lancar.

B.  PEMAHAMAN BERMAKNA

·      Mempercayai enam rukun iman;

·      Membiasakan diri dengan sikap peduli;

·      Membiasakan diri dengan sikap suka bekerja sama;

·      Menjelaskan rukun iman dengan baik;

·      Menyebutkan macam-macam rukun iman dengan benar

C.  PERTANYAAN PEMANTIK

·      Siapa pencipta dari benda-benda tersebut

D.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

·         Peserta didik telah siap menerima pelajaran. Setelah itu, guru mengawali pembelajaran dengan berdoa

·         Guru membangkitkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan bernyanyi atau bertepuk tangan bersama.

·         Peserta didik untuk mengamati Gambar 2.1 pada buku teks di bagian awal Bab 2.

·         Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dengan meminta mereka menceritakan gambar yang terdapat pada buku siswa, lalu memberikan penguatan kepada mereka bahwa Gambar 2.1 merupakan gugusan alam semesta, ada matahari, bumi dan planet yang kesemuanya adalah ciptaan Allah Swt.

·         Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik terkait dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada Bab 2.

·         Peserta didik mengamati peta konsep dan guru memberikan penjelasan bahwa dalam peta konsep tersebut menggambarkan alur materi yang akan dipelajari dalam Bab 2.

 

Kegiatan Inti

·         Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok yang heterogen dengan jumlah anggota per kelompok sebanyak 4 anak.

·         Peserta didik diarahkan untuk mengamati Gambar 2.3.

·         Guru menjelaskan apa yang dilihat Ahmad dan teman-temannya pada Gambar 2.3.

·         Peserta didik dimotivasi untuk menjawab apa yang sedang dilihat Ahmad dan teman-temannya serta ditanyakan pula siapa penciptanya.

·         Guru menjelaskan ciptaan Allah Swt. dan manfaatnya bagi manusia secara sederhana sesuai dengan pemahaman anak kelas 1 SD.

·         Peserta didik dituntun untuk belajar membaca materi penjelasan pada Gambar 2.3

·         Peserta didik diajak untuk mengulang-ulang enam rukun iman secara bersama-sama

·         Pada rubrik Tekadku, peserta didik diajak untuk membaca kalimat “Aku pasti hafal rukun iman” dan melafalkannya secara berulang-ulang sehingga peserta didik diharapkan dapat termotivasi untuk menghafalkan enam rukun iman.

·         Pada rubrik Kegiatan Kelompokku, tiap-tiap kelompok dibagikan 12 kartu: 6 kartu bertuliskan angka 1 - 6 dan 6 kartu bertuliskan rukun iman. Peserta didik secara berkelompok berlomba dengan kelompok lain untuk menjadi yang tercepat dalam mencocokkan dan mengurutkan kartu dengan benar. Untuk memperjelas yang dilakukan anak pada rubrik ini, peserta didik diarahkan untuk mengamati Gambar 2.4.

·         Pada rubrik Kuuji Kemampuanku, peserta didik diarahkan untuk memberikan tanda centang () pada kolom (B) jika benar atau (S) jika salah.

 

Kegiatan Penutup

·         Menyimpulkan pembelajaran bahwa Dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

·         b)  Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam

E.  REFLEKSI

Pada akhir pelajaran, guru dapat memandu peserta didik untuk melakukan aktivitas refleksi agar peserta didik dapat mengemukaan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

F.  ASESMEN / PENILAIAN

1)  Penilaian sikap spiritual dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagaiberikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

Haidar

 

 

 

2

 

Halwa

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

2)  Penilaian sikap sosial dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

Haidar

 

 

 

2

 

Halwa

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 3)  Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian benar (B) atau salah (S), yaitu siswa memberikan tanda centang di kolom yang tersedia pada buku siswa.

No.

Pernyataan

B

S

1

Iman artinya percaya.

 

 

2

Hewan bukan ciptaan Allah.

 

 

3

Rukun iman berjumlah enam.

 

 

 

Kunci Jawaban

No.

Pernyataan

B

S

1

Iman artinya percaya.

ü   

 

2

Hewan bukan ciptaan Allah.

ü   

 

3

Rukun iman berjumlah enam.

ü   

 

Penskoran:

Tiap jawaban benar bernilai 10 sehingga jumlah skor adalah 30.

Nilai = Perolehan Nilai x 100

                Jumlah Skor

G.  KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Kegiatan Tindak Lanjut

1) Perbaikan

Kesempatan perbaikan nilai diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi KKM dengan cara meminta mereka mengulang materi yang dirasa sulit terlebih dahulu, lalu mencoba memberikan penilaian kembali.

 

2) Pengayaan

Kegiatan pengayaan diberikan kepada peserta didik yang sudah memenuhi KKM. Kegiatan pengayaan dapat berupa pendalaman materi dengan melakukan aktivitas pengayaan dan literasi yang terdapat pada buku siswa.

LAMPIRAN                       

A.  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

 

Nama :

Kelas :

Petunjuk!

Beri centang () pada kolom (B) jika benar atau (S) jika salah.

No.

Pernyataan

B

S

1

Iman artinya percaya.

 

 

2

Hewan bukan ciptaan Allah.

 

 

3

Rukun iman berjumlah enam.

 

 

 

 

 

 

 

Nilai

 

Paraf Orang Tua

 

 

 

 

 

 

 

 

B.  BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK

·      Buku panduan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Sumber Belajar Lain yang Relevan (buku elektronik, gim, alat peraga, dan lain-lain)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MODUL AJAR

KURIKULUM MERDEKA

 

IDENTITAS MODUL

Penyusun                   : Muhammad Rifki Azhari, S.Pd

Instansi                      :

Tahun Penyusunan    : 2022

Jenjang Sekolah         : SD/MI

Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam

Fase/Kelas                 : A/1

Bab 2                         : Mengenal Rukun Iman

Tema                                     : Beriman Kepada Allah

  Alokasi Waktu          : 2 Minggu

KOMPETENSI AWAL

·      Peserta didik diharapkan mampu menyebutkan ciptaan Allah dengan benar

PROFIL PELAJAR PANCASILA

·      Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa,

·      Berakhlak Mulia,

·      Mandiri,

·      Bernalar Kritis,

·      Kreatif,

·      Bergotong-Royong,

·      Berkebinekaan Global

SARANA DAN PRASARANA

1)  Papan tulis, spidol, serta alat tulis lainnya

2)  Proyektor LCD, pelantang (speaker) aktif, laptop, dan media pembelajaran interaktif berupa gambar/poster

TARGET PESERTA DIDIK

·      Peserta didik reguler/tipikal

MODEL PEMBELAJARAN

·      Model pembelajaran tatap muka

·      Metode pembelajaran ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, dan card sort

KOMPNEN INTI

A.  TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tujuan Pembelajaran :

·      Peserta didik diharapkan mampu menyebutkan ciptaan Allah dengan benar.

B.  PEMAHAMAN BERMAKNA

·      Menyebutkan ciptaan Allah

C.  PERTANYAAN PEMANTIK

·      Siapa yang menciptakannya ?

D.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

·         Peserta didik telah siap menerima pelajaran. Setelah itu, guru mengawali pembelajaran dengan berdoa

·         Guru membangkitkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan bernyanyi atau bertepuk tangan bersama.

·         Peserta didik untuk mengamati Gambar 2.4 pada buku teks di bagian awal Bab 2.

·         Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dengan meminta mereka menceritakan gambar yang terdapat pada buku siswa, lalu memberikan penguatan kepada mereka bahwa Gambar 2.4 merupakan Indahnya ciptaan Allah Swt.

·         Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik terkait dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada Bab 2.

·         Peserta didik mengamati peta konsep dan guru memberikan penjelasan bahwa dalam peta konsep tersebut menggambarkan alur materi yang akan dipelajari dalam Bab 2.

 

Kegiatan Inti

·         Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok yang heterogen dengan jumlah anggota per kelompok sebanyak empat anak

·         Peserta didik diarahkan untuk mengamati Gambar 2.5 yang ada di buku siswa .

·         Guru menjelaskan bahwa semua benda yang terlihat ada yang menciptakan.

·         Guru memberikan beberapa kartu bergambar benda-benda seperti penghapus, pensil, bunga, dan buah kepada peserta didik.

·         Peserta didik mengamati dan mengkalisifikasikan benda-benda tersebut berdasarkan penciptanya.

·         Setiap kelompok diwakili oleh satu anggota untuk membacakan hasil diskusi kelompoknya.

·         Pada rubrik Sikapku, peserta didik diajak untuk membaca kalimat “Aku yakin Allah Swt. adalah Tuhanku” dan melafalkannya secara berulang-ulang sehingga diharapkan dalam jiwa peserta didik tertanam keyakinan yang kuat bahwa Allah adalah Tuhan yang harus disembah.

·         Pada rubrik Kegiatan Kelompokku, peserta didik secara berkelompok diajak berkeliling di luar kelas untuk mencatat benda-benda yang ditemui yang merupakan ciptaan Allah.

·         Pada rubrik Kuuji Kemampuanku, peserta didik menjawab soal pada buku siswa secara singkat dengan dipandu oleh guru.

 

Kegiatan Penutup

·         Menyimpulkan pembelajaran bahwa Dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

·         Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam

 

E.  REFLEKSI

Pada akhir pelajaran, guru dapat memandu aktivitas refleksi peserta didik agar dapat mengemukaan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan

F.  ASESMEN / PENILAIAN

1)  Penilaian sikap spiritual dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

2)  Penilaian sikap sosial dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

3)  Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian tes lisan dan tulis. Tes lisan berupa tanya jawab dengan peserta didik, yaitu guru menunjukkan salah satu gambar benda, kemudian peserta didik menyebutkan siapa yang menciptakan benda tersebut. Sementara itu, untuk tes tulis, peserta didik mengerjakan soal dengan jawaban singkat yang tersedia pada buku siswa.

 

Soal dan Kunci Jawaban

1. Rukun iman yang pertama adalah .... (iman kepada Allah)

2. Pencipta alam semesta adalah .... (Allah Swt.)

3. Tuhan kita adalah ....(Allah Swt.)

 

Penskoran:

Tiap butir soal bernilai 10 sehingga jumlah skor sebanyak 30.

                         Nilai= Perolehan Nilai x 100

                                            Jumlah Skor

G.  KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Kegiatan Tindak Lanjut

1) Perbaikan

Kesempatan perbaikan nilai diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi KKM dengan cara meminta mereka mengulang materi yang dirasa sulit terlebih dahulu, lalu mencoba memberikan penilaian kembali.

 

2) Pengayaan

Kegiatan pengayaan diberikan kepada peserta didik yang sudah memenuhi KKM. Kegiatan pengayaan dapat berupa pendalaman materi dengan melakukan aktivitas pengayaan dan literasi yang terdapat pada buku siswa.

LAMPIRAN                       

A.  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

 

Nama :

Kelas :

Petunjuk!

Kerjakanlah soal di bawah ini.

1. Rukun iman yang pertama adalah ....

2. Pencipta alam semesta adalah ....

3. Tuhan kita adalah ...

 

 

Nilai

 

Paraf Orang Tua

 

 

 

 

 

 

 

 

B.  BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK

·      Buku panduan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Sumber Belajar Lain yang Relevan (buku elektronik, gim, alat peraga, dan lain-lain)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MODUL AJAR

KURIKULUM MERDEKA

 

IDENTITAS MODUL

Penyusun                   : Muhammad Rifki Azhari, S.Pd

Instansi                      :

Tahun Penyusunan    : 2022

Jenjang Sekolah         : SD/MI

Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam

Fase/Kelas                 : A/1

Bab 2                         : Mengenal Rukun Iman

Tema                                     : Beriman Kepada Rasul

  Alokasi Waktu          : 2 Minggu

B.  KOMPETENSI AWAL

·      Peserta didik diharapkan mampu menyebutkan pengertian rasul dengan benar

C.  PROFIL PELAJAR PANCASILA

·      Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa,

·      Berakhlak Mulia,

·      Mandiri,

·      Bernalar Kritis,

·      Kreatif,

·      Bergotong-Royong,

·      Berkebinekaan Global

D.  SARANA DAN PRASARANA

1)  Papan tulis, spidol, serta alat tulis lainnya

2)  Proyektor LCD, pelantang (speaker) aktif, laptop, serta media pembelajaran interaktif berupa gambar/poster

E.  TARGET PESERTA DIDIK

·      Peserta didik reguler/tipikal

F.  MODEL PEMBELAJARAN

·      Model pembelajaran tatap muka.

·      Metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, dan diskusi dan problem solving

KOMPNEN INTI

A.  TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tujuan Pembelajaran :

·      Peserta didik diharapkan mampu menyebutkan pengertian rasul dengan benar.

B.  PEMAHAMAN BERMAKNA

·      Menyebutkan pengertian rasul

C.  PERTANYAAN PEMANTIK

·      “Siapa Tuhanmu? dan Siapa nabimu?”

D.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

·         Peserta didik telah siap menerima pelajaran. Setelah itu, guru mengawali pembelajaran dengan berdoa

·         Guru membangkitkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan bernyanyi atau bertepuk tangan bersama.

·         Peserta didik untuk mengamati Gambar 2.6 pada buku teks di bagian awal Bab 2.

·         Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dengan meminta mereka menceritakan gambar yang terdapat pada buku siswa, lalu memberikan penguatan kepada mereka bahwa Gambar 2.6 merupakan Suka bersedekah.

·         Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik terkait dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada Bab 2.

·         Peserta didik mengamati peta konsep dan guru memberikan penjelasan bahwa dalam peta konsep tersebut menggambarkan alur materi yang akan dipelajari dalam Bab 2.

 

 

Kegiatan Inti

·         Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok yang heterogen dengan jumlah anggota per kelompok sebanyak empat anak.

·         Peserta didik diarahkan untuk mengamati Gambar 2.7.

·         Guru memberikan contoh berupa permasalahan di lingkungan sekitar, yaitu banyak orang yang hidup dalam keadaan susah.

·         Guru menjelaskan bahwa umat Islam mempunyai seorang panutan, yaitu Nabi Muhammad yang telah mengajarkan banyak kebaikan.

·         Peserta didik berdiskusi untuk mencari solusi atas permasalahan yang diberikan oleh guru.

·         Peserta didik dalam satu kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.

·         Guru memberikan penguatan bahwa solusi yang disampaikan oleh peserta didik tersebut telah dicontohkan oleh Rasulullah saw.

·         Pada rubrik Tekadku, peserta didik diajak untuk membaca kalimat “Aku senang bersedekah” dan melafalkannya secara berulang-ulang sehingga diharapkan dalam jiwa peserta didik tertanam tekad yang kuat untuk memperbanyak sedekah.

·         Pada rubrik Kegiatanku, peserta didik diajak untuk menyiapkan uang sakunya untuk disimpan ke dalam amplop dan diminta memberikan amplop tersebut kepada orang yang membutuhkan saat sampai di rumah. Supaya dapat menginspirasi peserta didik, guru mengajak mereka memperhatikan Gambar 2.8 pada buku siswa.

·         Pada rubrik Kuuji Kemampuanku, peserta didik menjawab pertanyaan singkat tentang “Iman kepada Rasul Allah”.

 

Kegiatan Penutup

·         Menyimpulkan pembelajaran bahwa Dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

·         Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam

 

E.  REFLEKSI

Pada akhir pelajaran, guru dapat memandu aktivitas refleksi peserta didik agar dapat mengemukaan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan

F.  ASESMEN / PENILAIAN

1)  Penilaian sikap spiritual dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

2)  Penilaian sikap sosial dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

3)  Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian tes lisan dan tulis. Tes lisan berupa tanya jawab dengan peserta didik, yaitu guru menceritakan sebuah kondisi ketika seseorang mengalami kesusahan, kemudian meminta peserta didik memberikan solusi sederhana secara spontan.

 

Soal Kunci Jawaban

1. Rukun iman yang keempat adalah .... (iman kepada rasul Allah)

2. Nabi Muhammad saw. adalah .... Allah Swt. (utusan)

3. Panutan kita adalah .... (Nabi Muhammad saw.)

 

Penskoran:

Tiap butir soal bernilai 10 sehingga jumlah skor sebanyak 30.

                         Nilai= Perolehan Nilai x 100

                                            Jumlah Skor

G.  KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Kegiatan Tindak Lanjut

1) Perbaikan

Kesempatan perbaikan nilai diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi KKM dengan cara meminta mereka mengulang materi yang dirasa sulit terlebih dahulu, lalu mencoba memberikan penilaian kembali.

 

2) Pengayaan

Kegiatan pengayaan diberikan kepada peserta didik yang sudah memenuhi KKM. Kegiatan pengayaan dapat berupa pendalaman materi dengan melakukan aktivitas pengayaan dan literasi yang terdapat pada buku siswa.

LAMPIRAN                       

A.  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

 

Nama :

Kelas :

Petunjuk!

Kerjakanlah soal di bawah ini.

1. Rukun iman yang keempat adalah ....

2. Nabi Muhammad saw. adalah .... Allah Swt.

3. Panutan kita adalah ....

 

 

Nilai

 

Paraf Orang Tua

 

 

 

 

 

 

 

 

B.  BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK

·      Buku panduan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Sumber Belajar Lain yang Relevan (buku elektronik, gim, alat peraga, dan lain-lain)

 

 

 

 

 

 

 

MODUL AJAR

KURIKULUM MERDEKA

 

IDENTITAS MODUL

Penyusun                   : Muhammad Rifki Azhari, S.Pd

Instansi                      :

Tahun Penyusunan    : 2022

Jenjang Sekolah         : SD/MI

Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam

Fase/Kelas                 : A/1

Bab 2                         : Mengenal Rukun Iman

Tema                                     : Aku Cinta Allah dan Rasul-Nya

  Alokasi Waktu          : 2 Minggu

KOMPETENSI AWAL

·      Peserta didik diharapkan mampu menghafalkan surah Al- Fatihah dengan lancar

PROFIL PELAJAR PANCASILA

·      Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa,

·      Berakhlak Mulia,

·      Mandiri,

·      Bernalar Kritis,

·      Kreatif,

·      Bergotong-Royong,

·      Berkebinekaan Global

SARANA DAN PRASARANA

1)  Papan tulis, spidol, serta alat tulis lainnya

2)  Proyektor LCD, pelantang (speaker) aktif, laptop, serta media pembelajaran interaktif berupa gambar/poster

TARGET PESERTA DIDIK

·      Peserta didik reguler/tipikal

MODEL PEMBELAJARAN

·      Model pembelajaran tatap muka.

·      Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan diskusi dan praktik.

KOMPONEN INTI

A.  TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tujuan Pembelajaran :

·      Peserta didik diharapkan mampu membiasakan sikap peduli dan kerja sama sebagai bukti cinta terhadap Allah dan Rasul-Nya dan mampu membuat gambar pohon rukun iman dengan benar.

B.  PEMAHAMAN BERMAKNA

·      Menghafalkan surah Al-Fatihah dengan lancar

C.  PERTANYAAN PEMANTIK

·      Bagaimana cara mencintai Allah ?

·      Bagaimana cara mencintai Nabi Muhammad saw ?

D.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

·         Peserta didik telah siap menerima pelajaran. Setelah itu, guru mengawali pembelajaran dengan berdoa

·         Guru membangkitkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan bernyanyi atau bertepuk tangan bersama.

·         Peserta didik untuk mengamati Gambar 2.8 pada buku teks di bagian awal Bab 2.

·         Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dengan meminta mereka menceritakan gambar yang terdapat pada buku siswa, lalu memberikan penguatan kepada mereka bahwa Gambar 2.8 Ahmad dan temannya merawat pemberian Allah Swt.

·         Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik terkait dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada Bab 2.

·         Peserta didik mengamati peta konsep dan guru memberikan penjelasan bahwa dalam peta konsep tersebut menggambarkan alur materi yang akan dipelajari dalam Bab 2.

 

Kegiatan Inti

·         Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok yang heterogen dengan jumlah anggota per kelompok sebanyak empat anak.

·         Peserta didik diarahkan untuk mengamati Gambar 2.9 yang ada di buku siswa.

·         Guru menjelaskan alasan Allah menciptakan tumbuh-tumbuhan dan apa yang terjadi jika ciptaan Allah tersebut tidak dirawat.

·         Guru memberikan pancingan pertanyaan tentang cara mencintai Allah dan rasul-Nya.

·         Peserta didik dipandu untuk menemukan cara mencintai Allah dan rasul-Nya.

·         Peserta didik menyampaikan apa yang akan mereka lakukan sebagai bukti bahwa mereka mencintai Allah dan rasul-Nya.

·         Pada rubrik Tekadku, peserta didik diajak untuk membaca kalimat “Aku cinta Allah dan rasul-Nya” dan melafalkannya secara berulang-ulang sehingga diharapkan dalam jiwa peserta didik tertanam tekad yang kuat untuk mencintai Allah dan rasul-Nya.

·         Pada rubrik Kegiatan Kelompokku, peserta didik dalam kelompok membuat pohon rukun iman dengan bimbingan guru seperti yang terdapat pada Gambar 2.10.

·         Peserta didik mendemonstrasikan pohon rukun iman yang mereka buat.

·         Pada rubrik Kuuji Kemampuanku, peserta didik menjawab dengan singkat soal pada buku siswa dengan dipandu oleh guru.

 

Kegiatan Penutup

·         Menyimpulkan pembelajaran bahwa Dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

·         Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam

E.  REFLEKSI

Pada akhir pelajaran, guru dapat memandu aktivitas refleksi peserta didik agar dapat mengemukaan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan

F.  ASESMEN / PENILAIAN

1)  Penilaian sikap spiritual dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagaiberikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

2)  Penilaian sikap sosial dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

3)  Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian tes lisan dan tulis. Tes lisan berupa tanya jawab dengan peserta didik, yaitu guru bertanya tentang apa yang akan dilakukan peserta didik dalam kondisi tertentu, kemudian meminta mereka menjawabnya dengan spontan.

4)   Penilaian keterampilan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian praktik dalam pembuatan pohon rukun iman. Instrumen yang digunakan adalah rubrik sebagai berikut.

Nama Peserta didik: ........................................

No.

Indikator

4

3

2

1

0

1

Kerja Sama Kelompok

 

 

 

 

 

2

Keaktifan Unjuk Kerja

 

 

 

 

 

3

Kebenaran Hasil Kerja

 

 

 

 

 

4

Kerapian Hasil Kerja

 

 

 

 

 

• A: Sangat Baik

• B: Baik

• C: Cukup Baik

• D: Kurang Baik

Catatan: Guru dapat memilih tehnik dan strategi pengembangan instrumen penilaian sendiri.

 

Soal dan Kunci Jawaban

1. Anggota badan yang sempurna adalah pemberian …. (Allah)

2. Mengapa kita harus mencintai Allah Swt.? (Karena Allah telah memberikan nikmat kepada kita.)

3. Bagaimana cara kita mencintai rasul? (Meneladaninya.)

 

Penskoran:

Tiap butir soal bernilai 10 sehingga jumlah skor adalah 30.

                                        Nilai = Perolehan Nilai x 100

                                                           Jumlah Skor

G.  KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Kegiatan Tindak Lanjut

1) Perbaikan

Kesempatan perbaikan nilai diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi KKM dengan cara meminta mereka mengulang materi yang dirasa sulit terlebih dahulu, lalu mencoba memberikan penilaian kembali.

 

2) Pengayaan

Kegiatan pengayaan diberikan kepada peserta didik yang sudah memenuhi KKM. Kegiatan pengayaan dapat berupa pendalaman materi dengan melakukan aktivitas pengayaan dan literasi yang terdapat pada buku siswa.

 

Rubrik "Ayo, Menyanyi"

Guru mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu “Aku Cinta Allah” dengan nada lagu “Sayang Semua” atau lagu lain yang relevan sebagai ice breaking. Kegiatan menyanyi ini boleh dilaksanakan pada awal, pertengahan, dan akhir pembelajaran.

 

Rubrik "Aku Anak Saleh"

Pada rubrik ini diberikan soal untuk menanamkan penguatan pendidikan karakter bagi peserta didik sejak dini. Pada rubrik ini peserta didik diminta memberikan tanda centang pada kolom Ya atau Tidak.

No.

Uraian

Ya

Tidak

1

Aku adalah orang yang beriman.

 

 

2

Aku percaya kepada Allah Swt.

 

 

3

Merawat tumbuhan adalah bukti bahwa aku cinta

Allah Swt.

 

 

4

Aku gemar melempari burung.

 

 

5

Tangan dan kakiku merupakan ciptaan Allah Swt.

 

 

Catatan: Rubrik ini dapat digunakan sebagai penilaian sikap bagi peserta didik dengan teknik penilaian diri sendiri.

 

Islam Rahmat Untuk Semua

Pada rubrik ini, guru meminta peserta didik untuk mengidentifikasi tiga gambar yang ditampilkan dan mengaitkan dengan perbuatan yang pernah mereka lakukan, buku pada halaman tersebut tidak mencantumkan keterangan gambar supaya anak mengembangkan pemikiran yang imajinatif.

 

Rubrik "Rangkuman"

Guru menyampaikan rangkuman materi “Mengenal Rukun Iman” dengan bahasa sendiri, lalu meminta peserta didik untuk berlatih membaca rangkuman pada buku siswa dengan cermat.

 

Rubrik "Ayo, Kerjakan"

Siswa mengerjakan Rubrik "Ayo, Kerjakan" dalam bentuk soal jawaban singkat. Rubrik ini dapat digunakan sebagai bentuk penilaian pengetahuan bagi peserta didik dalam materi “Mengenal Rukun Iman”. Setelah peserta didik selesai mengerjakannya, guru membahas soal tersebut dengan kunci jawaban sebagai berikut.

1. Berapa jumlah rukun iman? (Enam.)

2. Apa bukti cinta kita kepada Allah Swt.? (Merawat ciptaan Allah.)

3. Sebutkan perilaku Nabi Muhammad saw. yang harus kita contoh. (Bersedekah.)

4. Apa yang harus kita lakukan terhadap ciptaan Allah? (Merawatnya.)

5. Apa yang kalian lakukan jika melihat hewan yang terluka? (Menolongnya.)

Penskoran:

Tiap butir soal bernilai 10 sehingga jumlah skor sebanyak 50.

                                            Nilai= Perolehan Nilai x 100

                                                             Jumlah Skor

 

Rubrik "Aku Ingin Tahu"

Pada rubrik ini, peserta didik dimotivasi untuk mendalami materi “Mengenal Rukun Iman” dengan cara mencari dan melihat video tentang lagu rukun iman melalui internet dan diajak menirukan nyanyiannya. Dalam mencari video tersebut, peserta didik didampingi oleh orang tua di rumah. Pada pelajaran selanjutnya peserta didik menceritakan video yang dilihatnya kepada bapak atau ibu guru.

 

Rubrik "Pengayaan"

Rubrik ini hanya diberikan kepada peserta didik yang sudah mencapai tujuan pembelajaran. Dalam pengayaan ditampilkan kisah penyerangan Kakbah oleh Pasukan Gajah.

 

Interaksi Guru dengan Orang Tua/Wali Murid

Interaksi antara guru dan orang tua/wali murid terkait dengan perkembangan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dapat dilakukan dengan dengan cara sebagai berikut.

1. Orang tua/wali murid dapat menuliskan komentar pada rubrik Komentar Orang Tua pada buku siswa terkait dengan perkembangan belajar peserta didik, penguasaan terhadap materi pembelajaran, dan keterampilan. Komentar tersebut dapat ditulis pada buku penghubung orang tua/wali murid dengan guru ataupun ditulis pada buku tulis peserta didik masing-masing dengan disertai tanda tangan orang tua/wali murid.

2. Guru dapat memperoleh informasi dari orang tua terkait dengan kebiasaan mengaji dan melaksanakan ibadah salat peserta didik di rumah.

3. Guru dan orang tua/wali murid dapat bertukar informasi terkait dengan kesulitan belajar yang dialami peserta didik.

4. Komunikasi dan interaksi antara guru dan orang tua/wali murid dapat dilakukan melalui kunjungan rumah, komunikasi melalui media telekomunikasi/media sosial, atau melalui buku penghubung/rubrik komentar orang tua pada buku siswa.

 

 

LAMPIRAN                       

A.  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama :

Kelas :

Petunjuk!

Kerjakanlah soal di bawah ini.

1. Anggota badan sempurna adalah pemberian ....

2. Mengapa kita harus cinta kepada Allah Swt.?

3. Bagaimana cara kita mencintai rasul?

 

 

Nilai

 

Paraf Orang Tua

 

 

 

 

 

 

 

 

B.  BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK

·      Buku panduan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Sumber Belajar Lain yang Relevan (buku elektronik, gim, alat peraga, dan lain-lain)

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Drama Beuty and the Beast versi B.Inggris

HERNIA DIAFRAGMATIKA (KELAINAN PADA PEMBENTUKAN SISTEM PERNAFASAN)

MODUL AJAR PAI BAB 3 KELAS 1 SD/MI FASE A KURIKULUM MERDEKA