MODUL AJAR PAI KELAS 1 SD/MI BAB 2 FASE A KURIKULUM MERDEKA
MODUL AJAR
KURIKULUM MERDEKA
IDENTITAS MODUL
Penyusun : Muhammad
Rifki Azhari, S.Pd
Instansi :
Tahun Penyusunan : 2022
Jenjang Sekolah :
SD/MI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Fase/Kelas : A/1
Bab 2 : Mengenal Rukun
Iman
Tema : Pengertian
Rukun Iman
Alokasi
Waktu : 2 Minggu
KOMPETENSI AWAL |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Peserta didik diharapkan mampu
mempercayai enam rukun iman; ·
Peserta didik diharapkan mampu membiasakan diri
dengan sikap peduli; ·
Peserta didik diharapkan mampu membiasakan diri
dengan sikap suka bekerja sama; ·
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan
rukun iman dengan baik; ·
Peserta didik diharapkan mampu menyebutkan
macam-macam rukun iman dengan benar; ·
Peserta didik diharapkan mampu menghafal enam
rukun iman dengan lancar |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PROFIL PELAJAR PANCASILA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan
Yang Maha Esa, ·
Berakhlak Mulia, ·
Mandiri, ·
Bernalar Kritis, ·
Kreatif, ·
Bergotong-Royong, ·
Berkebinekaan Global |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
SARANA DAN PRASARANA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1) Papan tulis, spidol, serta alat
tulis lainnya 2) Proyektor LCD, pelantang (speaker)
aktif, laptop, serta media pembelajaran interaktif berupa gambar/poster |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TARGET PESERTA DIDIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Peserta didik reguler/tipikal |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
MODEL
PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Model
pembelajaran tatap muka ·
Metode pembelajaran ceramah,
tanya jawab, dan diskusi
dan matching
card |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KOMPNEN INTI |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. TUJUAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tujuan Pembelajaran : ·
Peserta didik diharapkan mampu mengenal
enam rukun iman dengan baik, memercayai enam rukun iman, dan menghafal enam
rukun iman dengan lancar. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. PEMAHAMAN BERMAKNA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Mempercayai enam rukun iman; ·
Membiasakan diri dengan sikap peduli; ·
Membiasakan diri dengan sikap suka bekerja sama; ·
Menjelaskan rukun iman dengan baik; ·
Menyebutkan macam-macam rukun iman dengan benar |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. PERTANYAAN PEMANTIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Siapa pencipta dari benda-benda tersebut |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D. KEGIATAN
PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan ·
Peserta didik telah siap menerima pelajaran.
Setelah itu, guru mengawali pembelajaran dengan berdoa ·
Guru membangkitkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan
bernyanyi atau bertepuk tangan bersama. ·
Peserta didik untuk mengamati Gambar 2.1 pada
buku teks di bagian awal Bab 2. ·
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik
dengan meminta mereka menceritakan gambar yang terdapat pada buku siswa, lalu
memberikan penguatan kepada mereka bahwa Gambar 2.1 merupakan gugusan alam
semesta, ada matahari, bumi dan planet yang kesemuanya adalah ciptaan Allah
Swt. ·
Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik
terkait dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada Bab 2. ·
Peserta didik mengamati peta konsep dan guru
memberikan penjelasan bahwa dalam peta konsep tersebut menggambarkan alur
materi yang akan dipelajari dalam Bab 2. ·
Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok
yang heterogen dengan jumlah anggota per kelompok sebanyak 4 anak. ·
Peserta didik diarahkan untuk mengamati Gambar
2.3. ·
Guru menjelaskan apa yang dilihat Ahmad dan
teman-temannya pada Gambar 2.3. ·
Peserta didik dimotivasi untuk menjawab apa
yang sedang dilihat Ahmad dan teman-temannya serta ditanyakan pula siapa
penciptanya. ·
Guru menjelaskan ciptaan Allah Swt. dan
manfaatnya bagi manusia secara sederhana sesuai dengan pemahaman anak kelas 1
SD. ·
Peserta didik dituntun untuk belajar membaca
materi penjelasan pada Gambar 2.3 ·
Peserta didik diajak untuk mengulang-ulang enam
rukun iman secara bersama-sama ·
Pada rubrik Tekadku, peserta didik diajak untuk
membaca kalimat “Aku pasti hafal rukun iman” dan melafalkannya secara
berulang-ulang sehingga peserta didik diharapkan dapat termotivasi untuk
menghafalkan enam rukun iman. ·
Pada rubrik Kegiatan Kelompokku, tiap-tiap
kelompok dibagikan 12 kartu: 6 kartu bertuliskan angka 1 - 6 dan 6 kartu
bertuliskan rukun iman. Peserta didik secara berkelompok berlomba dengan
kelompok lain untuk menjadi yang tercepat dalam mencocokkan dan mengurutkan
kartu dengan benar. Untuk memperjelas yang dilakukan anak pada rubrik ini,
peserta didik diarahkan untuk mengamati Gambar 2.4. ·
Pada rubrik Kuuji Kemampuanku, peserta didik
diarahkan untuk memberikan tanda centang (√) pada kolom (B) jika benar atau (S) jika salah. Kegiatan
Penutup ·
Menyimpulkan pembelajaran bahwa Dengan meminta siswa untuk mengungkapkan
pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan. ·
b) Guru Bersama siswa menutup
kegiatan dengan doa dan salam |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E. REFLEKSI |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pada akhir pelajaran,
guru dapat memandu peserta didik untuk melakukan aktivitas refleksi agar
peserta didik dapat mengemukaan pendapatnya terkait dengan materi
pembelajaran yang telah dilaksanakan. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F. ASESMEN / PENILAIAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1) Penilaian sikap spiritual dilakukan dengan
menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagaiberikut.
2) Penilaian sikap sosial dilakukan dengan
menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal
sebagai berikut.
3)
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian
benar (B) atau salah (S), yaitu siswa memberikan tanda centang di kolom yang
tersedia pada buku siswa.
Kunci Jawaban
Penskoran: Tiap jawaban
benar bernilai 10 sehingga jumlah skor adalah 30. Nilai = Perolehan Nilai x 100 Jumlah Skor |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
G. KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Tindak Lanjut 1) Perbaikan Kesempatan perbaikan nilai diberikan kepada
peserta didik yang belum memenuhi KKM dengan cara meminta mereka mengulang
materi yang dirasa sulit terlebih dahulu, lalu mencoba memberikan penilaian
kembali. 2) Pengayaan Kegiatan pengayaan diberikan kepada peserta
didik yang sudah memenuhi KKM. Kegiatan pengayaan dapat berupa pendalaman
materi dengan melakukan aktivitas pengayaan dan literasi yang terdapat pada
buku siswa. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
LAMPIRAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) Nama : Kelas : Petunjuk! Beri centang (√) pada kolom (B) jika benar atau (S) jika salah.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. BAHAN
BACAAN GURU & PESERTA DIDIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Buku panduan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1
Kemendikbud RI Tahun 2021 ·
Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI
Tahun 2021 ·
Sumber Belajar Lain yang Relevan (buku elektronik, gim, alat peraga, dan lain-lain) |
MODUL AJAR
KURIKULUM MERDEKA
IDENTITAS MODUL
Penyusun : Muhammad
Rifki Azhari, S.Pd
Instansi :
Tahun Penyusunan : 2022
Jenjang Sekolah :
SD/MI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Fase/Kelas : A/1
Bab 2 : Mengenal
Rukun Iman
Tema : Beriman
Kepada Allah
Alokasi
Waktu : 2 Minggu
KOMPETENSI AWAL |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Peserta didik diharapkan mampu
menyebutkan ciptaan Allah dengan benar |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PROFIL PELAJAR PANCASILA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan
Yang Maha Esa, ·
Berakhlak Mulia, ·
Mandiri, ·
Bernalar Kritis, ·
Kreatif, ·
Bergotong-Royong, ·
Berkebinekaan Global |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
SARANA DAN PRASARANA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1) Papan tulis, spidol, serta alat
tulis lainnya 2) Proyektor LCD, pelantang (speaker)
aktif, laptop, dan media pembelajaran interaktif berupa gambar/poster |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TARGET PESERTA DIDIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Peserta didik reguler/tipikal |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
MODEL
PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Model
pembelajaran tatap muka ·
Metode pembelajaran ceramah, Tanya Jawab,
Diskusi, dan card sort |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KOMPNEN INTI |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. TUJUAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tujuan Pembelajaran : ·
Peserta didik diharapkan mampu menyebutkan
ciptaan Allah dengan benar. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. PEMAHAMAN BERMAKNA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Menyebutkan ciptaan Allah |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. PERTANYAAN PEMANTIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Siapa yang menciptakannya ? |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D. KEGIATAN
PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan ·
Peserta didik telah siap menerima pelajaran.
Setelah itu, guru mengawali pembelajaran dengan berdoa ·
Guru membangkitkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran
dengan bernyanyi atau bertepuk tangan bersama. ·
Peserta didik untuk mengamati Gambar 2.4 pada
buku teks di bagian awal Bab 2. ·
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik
dengan meminta mereka menceritakan gambar yang terdapat pada buku siswa, lalu
memberikan penguatan kepada mereka bahwa Gambar 2.4 merupakan Indahnya
ciptaan Allah Swt. ·
Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik
terkait dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada Bab 2. ·
Peserta didik mengamati peta konsep dan guru
memberikan penjelasan bahwa dalam peta konsep tersebut menggambarkan alur
materi yang akan dipelajari dalam Bab 2. ·
Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok
yang heterogen dengan jumlah anggota per kelompok sebanyak empat anak ·
Peserta didik diarahkan untuk mengamati Gambar
2.5 yang ada di buku siswa . ·
Guru menjelaskan bahwa semua benda yang
terlihat ada yang menciptakan. ·
Guru memberikan beberapa kartu bergambar
benda-benda seperti penghapus, pensil, bunga, dan buah kepada peserta didik. ·
Peserta didik mengamati dan mengkalisifikasikan
benda-benda tersebut berdasarkan penciptanya. ·
Setiap kelompok diwakili oleh satu anggota
untuk membacakan hasil diskusi kelompoknya. ·
Pada rubrik Sikapku, peserta didik
diajak untuk membaca kalimat “Aku yakin Allah Swt. adalah Tuhanku” dan
melafalkannya secara berulang-ulang sehingga diharapkan dalam jiwa peserta
didik tertanam keyakinan yang kuat bahwa Allah adalah Tuhan yang harus
disembah. ·
Pada rubrik Kegiatan Kelompokku, peserta
didik secara berkelompok diajak berkeliling di luar kelas untuk mencatat
benda-benda yang ditemui yang merupakan ciptaan Allah. ·
Pada rubrik Kuuji Kemampuanku, peserta
didik menjawab soal pada buku siswa secara singkat dengan dipandu oleh guru. Kegiatan
Penutup ·
Menyimpulkan pembelajaran bahwa Dengan meminta siswa untuk
mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah
dilaksanakan. ·
Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E. REFLEKSI |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pada akhir pelajaran,
guru dapat memandu aktivitas refleksi peserta didik agar dapat mengemukaan
pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F. ASESMEN / PENILAIAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1) Penilaian sikap spiritual dilakukan dengan menggunakan
teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.
2) Penilaian sikap sosial dilakukan dengan
menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal
sebagai berikut.
3) Penilaian pengetahuan dilakukan dengan
menggunakan teknik penilaian tes lisan dan tulis. Tes lisan berupa tanya
jawab dengan peserta didik, yaitu guru menunjukkan salah satu gambar benda,
kemudian peserta didik menyebutkan siapa yang menciptakan benda tersebut.
Sementara itu, untuk tes tulis, peserta didik mengerjakan soal dengan jawaban
singkat yang tersedia pada buku siswa. Soal dan Kunci Jawaban 1. Rukun iman yang pertama adalah .... (iman kepada Allah) 2. Pencipta alam semesta adalah .... (Allah Swt.) 3. Tuhan kita adalah ....(Allah Swt.) Penskoran: Tiap butir
soal bernilai 10 sehingga jumlah skor sebanyak 30. Nilai= Perolehan Nilai x 100
Jumlah Skor |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
G. KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Tindak Lanjut 1) Perbaikan Kesempatan perbaikan nilai diberikan kepada
peserta didik yang belum memenuhi KKM dengan cara meminta mereka mengulang
materi yang dirasa sulit terlebih dahulu, lalu mencoba memberikan penilaian
kembali. 2) Pengayaan Kegiatan pengayaan diberikan kepada peserta
didik yang sudah memenuhi KKM. Kegiatan pengayaan dapat berupa pendalaman
materi dengan melakukan aktivitas pengayaan dan literasi yang terdapat pada
buku siswa. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
LAMPIRAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) Nama : Kelas : Petunjuk! Kerjakanlah soal di bawah ini. 1. Rukun iman yang pertama adalah .... 2. Pencipta alam semesta adalah .... 3. Tuhan kita adalah ...
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. BAHAN
BACAAN GURU & PESERTA DIDIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Buku panduan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1
Kemendikbud RI Tahun 2021 ·
Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI
Tahun 2021 ·
Sumber Belajar Lain yang Relevan (buku elektronik, gim, alat peraga, dan
lain-lain) |
MODUL AJAR
KURIKULUM MERDEKA
IDENTITAS MODUL
Penyusun : Muhammad
Rifki Azhari, S.Pd
Instansi :
Tahun Penyusunan : 2022
Jenjang Sekolah :
SD/MI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Fase/Kelas : A/1
Bab 2 : Mengenal
Rukun Iman
Tema : Beriman
Kepada Rasul
Alokasi
Waktu : 2 Minggu
B.
KOMPETENSI AWAL |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Peserta didik diharapkan mampu
menyebutkan pengertian rasul dengan benar |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan
Yang Maha Esa, ·
Berakhlak Mulia, ·
Mandiri, ·
Bernalar Kritis, ·
Kreatif, ·
Bergotong-Royong, ·
Berkebinekaan Global |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D. SARANA DAN PRASARANA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1) Papan tulis, spidol, serta alat
tulis lainnya 2) Proyektor LCD, pelantang (speaker)
aktif, laptop, serta media pembelajaran interaktif berupa gambar/poster |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E. TARGET PESERTA DIDIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Peserta didik reguler/tipikal |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F. MODEL PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Model
pembelajaran tatap muka. ·
Metode pembelajaran ceramah,
tanya jawab, dan diskusi
dan problem
solving |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KOMPNEN INTI |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. TUJUAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tujuan Pembelajaran : ·
Peserta didik diharapkan mampu menyebutkan
pengertian rasul dengan benar. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. PEMAHAMAN BERMAKNA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Menyebutkan pengertian rasul |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. PERTANYAAN PEMANTIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
“Siapa Tuhanmu? dan Siapa nabimu?” |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D. KEGIATAN
PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan ·
Peserta didik telah siap menerima pelajaran.
Setelah itu, guru mengawali pembelajaran dengan berdoa ·
Guru membangkitkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran
dengan bernyanyi atau bertepuk tangan bersama. ·
Peserta didik untuk mengamati Gambar 2.6 pada
buku teks di bagian awal Bab 2. ·
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik
dengan meminta mereka menceritakan gambar yang terdapat pada buku siswa, lalu
memberikan penguatan kepada mereka bahwa Gambar 2.6 merupakan Suka
bersedekah. ·
Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik
terkait dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada Bab 2. ·
Peserta didik mengamati peta konsep dan guru
memberikan penjelasan bahwa dalam peta konsep tersebut menggambarkan alur
materi yang akan dipelajari dalam Bab 2. ·
Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok
yang heterogen dengan jumlah anggota per kelompok sebanyak empat anak. ·
Peserta didik diarahkan untuk mengamati Gambar
2.7. ·
Guru memberikan contoh berupa permasalahan di
lingkungan sekitar, yaitu banyak orang yang hidup dalam keadaan susah. ·
Guru menjelaskan bahwa umat Islam mempunyai
seorang panutan, yaitu Nabi Muhammad yang telah mengajarkan banyak kebaikan. ·
Peserta didik berdiskusi untuk mencari solusi
atas permasalahan yang diberikan oleh guru. ·
Peserta didik dalam satu kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya. ·
Guru memberikan penguatan bahwa solusi yang
disampaikan oleh peserta didik tersebut telah dicontohkan oleh Rasulullah
saw. ·
Pada rubrik Tekadku, peserta didik
diajak untuk membaca kalimat “Aku senang bersedekah” dan melafalkannya secara
berulang-ulang sehingga diharapkan dalam jiwa peserta didik tertanam tekad
yang kuat untuk memperbanyak sedekah. ·
Pada rubrik Kegiatanku, peserta didik
diajak untuk menyiapkan uang sakunya untuk disimpan ke dalam amplop dan
diminta memberikan amplop tersebut kepada orang yang membutuhkan saat sampai
di rumah. Supaya dapat menginspirasi peserta didik, guru mengajak mereka
memperhatikan Gambar 2.8 pada buku siswa. ·
Pada rubrik Kuuji Kemampuanku, peserta
didik menjawab pertanyaan singkat tentang “Iman kepada Rasul Allah”. Kegiatan
Penutup ·
Menyimpulkan pembelajaran bahwa Dengan meminta siswa untuk mengungkapkan
pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan. ·
Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E. REFLEKSI |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pada akhir pelajaran,
guru dapat memandu aktivitas refleksi peserta didik agar dapat mengemukaan pendapatnya
terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F. ASESMEN / PENILAIAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1) Penilaian sikap spiritual dilakukan dengan
menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal
sebagai berikut.
2) Penilaian sikap sosial dilakukan dengan
menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal
sebagai berikut.
3) Penilaian pengetahuan dilakukan dengan
menggunakan teknik penilaian tes lisan dan tulis. Tes lisan berupa tanya
jawab dengan peserta didik, yaitu guru menceritakan sebuah kondisi ketika seseorang
mengalami kesusahan, kemudian meminta peserta didik memberikan solusi
sederhana secara spontan. Soal Kunci Jawaban 1. Rukun iman yang keempat adalah .... (iman kepada rasul Allah) 2. Nabi Muhammad saw. adalah .... Allah Swt. (utusan) 3. Panutan kita adalah .... (Nabi Muhammad saw.) Penskoran: Tiap butir
soal bernilai 10 sehingga jumlah skor sebanyak 30. Nilai= Perolehan Nilai x 100
Jumlah Skor |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
G. KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Tindak Lanjut 1) Perbaikan Kesempatan perbaikan nilai diberikan kepada
peserta didik yang belum memenuhi KKM dengan cara meminta mereka mengulang
materi yang dirasa sulit terlebih dahulu, lalu mencoba memberikan penilaian
kembali. 2) Pengayaan Kegiatan pengayaan diberikan kepada peserta
didik yang sudah memenuhi KKM. Kegiatan pengayaan dapat berupa pendalaman
materi dengan melakukan aktivitas pengayaan dan literasi yang terdapat pada
buku siswa. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
LAMPIRAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) Nama : Kelas : Petunjuk! Kerjakanlah soal di bawah ini. 1. Rukun iman yang keempat adalah .... 2. Nabi Muhammad saw. adalah .... Allah Swt. 3. Panutan kita adalah ....
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. BAHAN
BACAAN GURU & PESERTA DIDIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Buku panduan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1
Kemendikbud RI Tahun 2021 ·
Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI
Tahun 2021 ·
Sumber Belajar Lain yang Relevan (buku elektronik, gim, alat peraga, dan
lain-lain) |
MODUL AJAR
KURIKULUM MERDEKA
IDENTITAS MODUL
Penyusun : Muhammad
Rifki Azhari, S.Pd
Instansi :
Tahun Penyusunan : 2022
Jenjang Sekolah :
SD/MI
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Fase/Kelas : A/1
Bab 2 : Mengenal
Rukun Iman
Tema : Aku Cinta
Allah dan Rasul-Nya
Alokasi
Waktu : 2 Minggu
KOMPETENSI AWAL |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Peserta didik diharapkan mampu
menghafalkan surah Al- Fatihah
dengan lancar |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PROFIL PELAJAR PANCASILA |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan
Yang Maha Esa, ·
Berakhlak Mulia, ·
Mandiri, ·
Bernalar Kritis, ·
Kreatif, ·
Bergotong-Royong, ·
Berkebinekaan Global |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
SARANA DAN PRASARANA |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1) Papan tulis, spidol, serta alat
tulis lainnya 2) Proyektor LCD, pelantang (speaker)
aktif, laptop, serta media pembelajaran interaktif berupa gambar/poster |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TARGET PESERTA DIDIK |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Peserta didik reguler/tipikal |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
MODEL
PEMBELAJARAN |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Model
pembelajaran tatap muka. ·
Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan diskusi dan praktik. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KOMPONEN INTI |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. TUJUAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tujuan Pembelajaran : ·
Peserta
didik diharapkan mampu membiasakan sikap peduli dan kerja sama sebagai bukti
cinta terhadap Allah dan Rasul-Nya dan mampu membuat gambar pohon rukun iman
dengan benar. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. PEMAHAMAN BERMAKNA |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Menghafalkan surah Al-Fatihah dengan lancar |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. PERTANYAAN PEMANTIK |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Bagaimana cara mencintai Allah ? ·
Bagaimana cara mencintai Nabi Muhammad saw ? |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D. KEGIATAN
PEMBELAJARAN |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan ·
Peserta didik telah siap menerima pelajaran.
Setelah itu, guru mengawali pembelajaran dengan berdoa ·
Guru membangkitkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran
dengan bernyanyi atau bertepuk tangan bersama. ·
Peserta didik untuk mengamati Gambar 2.8 pada
buku teks di bagian awal Bab 2. ·
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik
dengan meminta mereka menceritakan gambar yang terdapat pada buku siswa, lalu
memberikan penguatan kepada mereka bahwa Gambar 2.8 Ahmad dan temannya
merawat pemberian Allah Swt. ·
Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik
terkait dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada Bab 2. ·
Peserta didik mengamati peta konsep dan guru
memberikan penjelasan bahwa dalam peta konsep tersebut menggambarkan alur
materi yang akan dipelajari dalam Bab 2. ·
Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok
yang heterogen dengan jumlah anggota per kelompok sebanyak empat anak. ·
Peserta didik diarahkan untuk mengamati Gambar
2.9 yang ada di buku siswa. ·
Guru menjelaskan alasan Allah menciptakan
tumbuh-tumbuhan dan apa yang terjadi jika ciptaan Allah tersebut tidak
dirawat. ·
Guru memberikan pancingan pertanyaan tentang
cara mencintai Allah dan rasul-Nya. ·
Peserta didik dipandu untuk menemukan cara
mencintai Allah dan rasul-Nya. ·
Peserta didik menyampaikan apa yang akan mereka
lakukan sebagai bukti bahwa mereka mencintai Allah dan rasul-Nya. ·
Pada rubrik Tekadku, peserta didik
diajak untuk membaca kalimat “Aku cinta Allah dan rasul-Nya” dan
melafalkannya secara berulang-ulang sehingga diharapkan dalam jiwa peserta
didik tertanam tekad yang kuat untuk mencintai Allah dan rasul-Nya. ·
Pada rubrik Kegiatan Kelompokku, peserta
didik dalam kelompok membuat pohon rukun iman dengan bimbingan guru seperti
yang terdapat pada Gambar 2.10. ·
Peserta didik mendemonstrasikan pohon rukun
iman yang mereka buat. ·
Pada rubrik Kuuji Kemampuanku, peserta
didik menjawab dengan singkat soal pada buku siswa dengan dipandu oleh guru. Kegiatan
Penutup ·
Menyimpulkan pembelajaran bahwa Dengan meminta siswa untuk
mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah
dilaksanakan. ·
Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E. REFLEKSI |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pada akhir pelajaran,
guru dapat memandu aktivitas refleksi peserta didik agar dapat mengemukaan
pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F. ASESMEN / PENILAIAN |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1) Penilaian sikap spiritual dilakukan dengan
menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal
sebagaiberikut.
2) Penilaian sikap sosial dilakukan dengan
menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal
sebagai berikut.
3) Penilaian pengetahuan dilakukan dengan
menggunakan teknik penilaian tes lisan dan tulis. Tes lisan berupa tanya
jawab dengan peserta didik, yaitu guru bertanya tentang apa yang akan
dilakukan peserta didik dalam kondisi tertentu, kemudian meminta mereka
menjawabnya dengan spontan. 4) Penilaian keterampilan dilakukan dengan
menggunakan teknik penilaian praktik dalam pembuatan pohon rukun iman.
Instrumen yang digunakan adalah rubrik sebagai berikut. Nama Peserta
didik: ........................................
• A: Sangat Baik • B: Baik • C: Cukup Baik • D: Kurang Baik Catatan: Guru dapat memilih tehnik
dan strategi pengembangan instrumen penilaian sendiri. Soal dan Kunci Jawaban 1. Anggota badan yang sempurna adalah pemberian …. (Allah) 2. Mengapa kita harus mencintai Allah Swt.? (Karena Allah telah
memberikan nikmat kepada kita.) 3. Bagaimana cara kita mencintai rasul? (Meneladaninya.) Penskoran: Tiap butir
soal bernilai 10 sehingga jumlah skor adalah 30. Nilai
= Perolehan Nilai x 100
Jumlah Skor |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
G. KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Tindak Lanjut 1) Perbaikan Kesempatan perbaikan nilai diberikan kepada
peserta didik yang belum memenuhi KKM dengan cara meminta mereka mengulang
materi yang dirasa sulit terlebih dahulu, lalu mencoba memberikan penilaian
kembali. 2) Pengayaan Kegiatan pengayaan diberikan kepada peserta
didik yang sudah memenuhi KKM. Kegiatan pengayaan dapat berupa pendalaman
materi dengan melakukan aktivitas pengayaan dan literasi yang terdapat pada
buku siswa. Rubrik "Ayo, Menyanyi" Guru mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu “Aku Cinta Allah”
dengan nada lagu “Sayang Semua” atau lagu lain yang relevan sebagai ice
breaking. Kegiatan menyanyi ini boleh dilaksanakan pada awal,
pertengahan, dan akhir pembelajaran. Rubrik "Aku Anak Saleh" Pada rubrik ini diberikan soal untuk menanamkan penguatan pendidikan
karakter bagi peserta didik sejak dini. Pada rubrik ini peserta didik diminta
memberikan tanda centang pada kolom Ya atau Tidak.
Catatan:
Rubrik ini dapat digunakan sebagai penilaian sikap bagi peserta didik dengan
teknik penilaian diri sendiri. Islam Rahmat Untuk Semua Pada rubrik ini, guru meminta peserta didik untuk mengidentifikasi tiga
gambar yang ditampilkan dan mengaitkan dengan perbuatan yang pernah mereka
lakukan, buku pada halaman tersebut tidak mencantumkan keterangan gambar
supaya anak mengembangkan pemikiran yang imajinatif. Rubrik "Rangkuman" Guru menyampaikan rangkuman materi “Mengenal Rukun Iman” dengan bahasa
sendiri, lalu meminta peserta didik untuk berlatih membaca rangkuman pada
buku siswa dengan cermat. Rubrik "Ayo, Kerjakan" Siswa mengerjakan Rubrik "Ayo, Kerjakan" dalam bentuk
soal jawaban singkat. Rubrik ini dapat digunakan sebagai bentuk penilaian
pengetahuan bagi peserta didik dalam materi “Mengenal Rukun Iman”. Setelah
peserta didik selesai mengerjakannya, guru membahas soal tersebut dengan
kunci jawaban sebagai berikut. 1. Berapa jumlah rukun iman? (Enam.) 2. Apa bukti cinta kita kepada Allah Swt.?
(Merawat ciptaan Allah.) 3. Sebutkan perilaku Nabi Muhammad saw. yang
harus kita contoh. (Bersedekah.) 4. Apa yang harus kita lakukan terhadap ciptaan
Allah? (Merawatnya.) 5. Apa yang kalian lakukan jika melihat hewan
yang terluka? (Menolongnya.) Penskoran: Tiap butir soal bernilai 10 sehingga jumlah skor sebanyak 50.
Nilai= Perolehan Nilai x 100
Jumlah Skor Rubrik "Aku Ingin Tahu" Pada rubrik ini, peserta didik dimotivasi untuk mendalami materi
“Mengenal Rukun Iman” dengan cara mencari dan melihat video tentang lagu
rukun iman melalui internet dan diajak menirukan nyanyiannya. Dalam mencari
video tersebut, peserta didik didampingi oleh orang tua di rumah. Pada
pelajaran selanjutnya peserta didik menceritakan video yang dilihatnya kepada
bapak atau ibu guru. Rubrik "Pengayaan" Rubrik ini hanya diberikan kepada peserta didik yang sudah mencapai
tujuan pembelajaran. Dalam pengayaan ditampilkan kisah penyerangan Kakbah
oleh Pasukan Gajah. Interaksi Guru dengan
Orang Tua/Wali Murid Interaksi antara guru
dan orang tua/wali murid terkait dengan perkembangan peserta didik setelah
mengikuti pembelajaran dapat dilakukan dengan dengan cara sebagai berikut. 1. Orang tua/wali
murid dapat menuliskan komentar pada rubrik Komentar Orang Tua pada
buku siswa terkait dengan perkembangan belajar peserta didik, penguasaan
terhadap materi pembelajaran, dan keterampilan. Komentar tersebut dapat
ditulis pada buku penghubung orang tua/wali murid dengan guru ataupun ditulis
pada buku tulis peserta didik masing-masing dengan disertai tanda tangan
orang tua/wali murid. 2. Guru dapat
memperoleh informasi dari orang tua terkait dengan kebiasaan mengaji dan
melaksanakan ibadah salat peserta didik di rumah. 3. Guru dan orang
tua/wali murid dapat bertukar informasi terkait dengan kesulitan belajar yang
dialami peserta didik. 4. Komunikasi dan
interaksi antara guru dan orang tua/wali murid dapat dilakukan melalui
kunjungan rumah, komunikasi melalui media telekomunikasi/media sosial, atau
melalui buku penghubung/rubrik komentar orang tua pada buku siswa. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
LAMPIRAN |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD) |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) Nama : Kelas : Petunjuk! Kerjakanlah soal di bawah ini. 1. Anggota badan sempurna adalah pemberian .... 2. Mengapa kita harus cinta kepada Allah Swt.? 3. Bagaimana cara kita mencintai rasul?
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. BAHAN
BACAAN GURU & PESERTA DIDIK |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Buku panduan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1
Kemendikbud RI Tahun 2021 ·
Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI
Tahun 2021 ·
Sumber Belajar Lain yang Relevan (buku elektronik, gim, alat peraga, dan
lain-lain) |
Komentar
Posting Komentar