ATP ( Alur Tujuan Pembelajaran) Bahasa Indonesia Kelas 2 SD FASE A Kurikulum Merdeka

 

ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN (Bahasa Indonesia, Fase A, Kelas II)

 

Penulis :

Rasional : Kemampuan berbahasa, bersastra, dan berpikir merupakan fondasi dari kemampuan literasi. Semua bidang kajian, bidang kehidupan, dan tujuan-tujuan sosial menggunakan kemampuan literasi. Literasi menjadi kemampuan sangat penting yang digunakan untuk bekerja dan belajar sepanjang hayat. Dengan demikian, pembelajaran bahasa Indonesia merupakan pembelajaran literasi untuk berbagai tujuan berkomunikasi dalam konteks sosial budaya Indonesia. Kemampuan literasi dikembangkan ke dalam pembelajaran menyimak, membaca dan memirsa, menulis, berbicara, dan mempresentasikan untuk berbagai tujuan berbasis genre yang terkait dengan penggunaan bahasa dalam kehidupan. Setiap genre memiliki tipe teks yang didasarkan pada alur pikir struktur khas teks tertentu. Tipe teks merupakan alur pikir yang dapat mengoptimalkan penggunaan bahasa untuk bekerja dan belajar sepanjang hayat. Model utama yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah pedagogi genre. Model ini memiliki empat tahapan, yaitu: penjelasan untuk membangun konteks (explaining, building the context), pemodelan (modelling), pembimbingan (joint construction), dan pemandirian (independent construction). Di samping pedagogi 2 genre, pembelajaran bahasa Indonesia dapat dikembangkan dengan model-model lain sesuai dengan pencapaian pembelajaran tertentu. Pembinaan dan pengembangan kemampuan berbahasa Indonesia akan membentuk pribadi Pancasila yang beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berpikir kritis, mandiri, kreatif, bergotong royong, dan berkebinekaan global.

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam.

Tujuan Pembelajaran

  Pelajar dapat memilih teks sesuai minatnya terkait topik ciri fisik dan fungsi anggota tubuh beberapa jenis hewan yang ada di lingkungan sekitar, melakukan pengamatan terhadap isi teks dan menjelaskan informasi penting dalam teks audiovisual dan teks aural (teks yang dibacakan) yang sesuai jenjangnya.

Perkiraan Jumlah Jam

5 x 35 menit (120 menit)

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

·         Kata/Frasa Kunci : informasi penting, teks audiovisual, teks aural 

·         Topik/Konten Inti : Menjelaskan informasi penting dalam teks sesuai jenjangnya

·         Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah pelajar belajar untuk mengidentifikasi informasi penting dengan cara menjawab pertanyaan pemantik dari guru dan menjelaskannya 

Profil Pelajar Pancasila

Bernalar Kritis : Mengidentifikasi dan mengatur informasi dan gagasan yang sederhana.

Glosarium

Ciri fisik : Ciri yang dapat dikenali dengan alat indera, menyangkut bagian tubuh hewan seperti : cakar, bulu, mata, dll.

 

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

Pelajar dapat mengidentifikasi dan menjelaskan arti kata – kata yang sering digunakan dan kata – kata baru dengan bantuan konteks kalimat dan gambar/ilustrasi terkait topik peran warga sekolah di lingkungan sekolah 

Perkiraan Jumlah Jam

5 x 35 menit (120 menit)

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

·         Kata/Frasa Kunci : kata – kata yang sering digunakan dan kata – kata baru 

·         Topik/Konten Inti : Mengidentifikasi dan menjelaskan arti kata – kata yang sering digunakan dan kata – kata baru

·         Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar belajar untuk mengidentifikasi kata – kata yang sering digunakan dan kata – kata baru dalam sebuah teks kemudian mencari artinya dengan menggunakan kamus dan menjelaskan arti kata tersebut 

Profil Pelajar Pancasila

Bernalar Kritis : Mengidentifikasi dan mengatur informasi dan gagasan yang sederhana.

Glosarium

 

Tata tertib : peraturan yang harus ditaati

Hak : Sesuatu yang dapat diterima 

Kewajiban : Sesuatu yang harus dilakukan

 

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

Pelajar dapat membuat simpulan dalam bentuk kalimat sederhana yang berangkat dari pemahamannya terhadap teks naratif dan informasional yang sesuai dengan jenjangnya dengan bantuan gambar denah sederhana tentang rumah atau sekolah

Perkiraan Jumlah Jam

5 x 35 menit (120 menit)

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

·         Kata/Frasa Kunci : simpulan, teks naratif, informational

·         Topik/Konten Inti : Membuat simpulan dalam bentuk kalimat sederhana

·         Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah pelajar belajar menulis sebuah simpulan dalam bentuk kalimat sederhana, bisa terdiri dari beberapa kata, sebagai hasil dari pemahamannya terhadap teks naratif dan informational. 

Profil Pelajar Pancasila

Kreatif : Menghasilkan karya dan tindakan sesuai dengan minat dan kesukaannya,serta untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya

Glosarium

 

·         Simpulan : hasil menyimpulkan; kesimpulan

·         Teks naratif : teks yang tidak bersifat dialog, dan isinya merupakan suatu kisah sejarah, deretan peristiwa, dan sebagainya

·         Denah : gambar rancangan (rumah, bangunan, dan sebagainya)

 

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

 Pelajar dapat menganalisis kalimat yang disukainya dari sebuah bacaan terkait topik cuaca dan aktivitas manusia pada kondisi cuaca yang berbeda serta menuliskan ulang kalimat dari buku yang dibaca/dibacakan kepadanya.

Perkiraan Jumlah Jam

5 x 35 menit (120 menit)

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

·         Kata/Frasa Kunci : menuliskan ulang

·         Topik/Konten Inti : Menuliskan ulang kalimat dari buku yang dibaca/dibacakan kepadanya

·         Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar belajar membaca dan atau menyimak bacaan yang dibacakan, kemudian menuliskan kalimat dari buku tersebut dengan rapi dan tepat setelah melakukan pengamatan dan menganalisis kalimat yang disukainya dari bacaan yang dibaca/dibacakan kepadanya terkait topik cuaca dan aktivitas manusia pada kondisi cuaca yang berbeda

Profil Pelajar Pancasila

Mandiri : Mengidentifikasi dan menggambarkan kemampuan, prestasi, dan ketertarikannya secara subjektif

Glosarium

·         Analisis : penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antarbagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan

·         Aktivitas : kegiatan

·         Cuaca : keadaan udara (tentang suhu, cahaya matahari kelembapan, kecepatan angin, dan sebagainya) pada satu tempat tertentu dengan jangka waktu terbatas

 

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

Pelajar dapat menulis kalimat dalam teks deskripsi sederhana berhubungan dengan topik lingkungan alam dan lingkungan buatan yang ada di sekitarnya

 

Perkiraan Jumlah Jam

5 x 35 menit (120 menit)

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

·         Kata/Frasa Kunci : menulis kalimat, teks deskripsi, kesehatan diri

·         Topik/Konten Inti : Menulis kalimat dalam teks deskripsi sederhana sesuai topik

·         Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar belajar menulis kalimat dalam teks deskripsi sederhana sesuai topik lingkungan alam dan lingkungan buatan yang ada di sekitarnya. Guru perlu meyakinkan pelajar untuk mengenal dan memahami isi teks deskripsi sebelum menulis kalimatnya.

Profil Pelajar Pancasila

Mandiri : Mengidentifikasi dan menggambarkan kemampuan, prestasi, dan ketertarikannya secara subjektif

Glosarium

 

Teks Deskripsi : Teks yang memuat pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci; uraian

 

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

Pelajar dapat mengidentifikasi dan merevisi penulisan kalimat yang ditulisnya (terkait penggunaan huruf kapital dan tanda baca) dengan bimbingan dari guru.

Perkiraan Jumlah Jam

5 x 35 menit (120 menit)

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

·         Kata/Frasa Kunci : mengidentifikasi, merevisi, huruf kapital, tanda baca

·         Topik/Konten Inti : Mengidentifikasi dan merevisi penulis kaimat yang ditulisnya

·         Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar belajar menulis kalimat sederhana kemudian dengan bimbingan dari guru, Pelajar mengidentifikasi dan merevisi penulisan kalimat yang tidak sesuai ejaan dan tanda baca yang benar. Guru perlu menjelaskan dulu tentang penggunaan huruf kapital dan tanda baca yang tepat dalam kalimat. 

Profil Pelajar Pancasila

Bergotong royong : Mengenali kebutuhan - kebutuhan diri sendiri yang memerlukan orang lain dalam pemenuhannya.

Glosarium

 

Mengidentifikasi : menentukan atau menetapkan identitas (orang, benda, dan sebagainya) Merevisi : memperbaiki; memperbarui

 

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

Pelajar dapat merancang ide terkait upaya menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan mempresentasikan ide tersebut secara lisan.

 

Perkiraan Jumlah Jam

5 x 35 menit (120 menit)

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

·         Kata/Frasa Kunci : mempresentasikan ide, topik

·         Topik/Konten Inti : Mempresentasikan ide terkait topik secara lisan

·         Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar belajar menemukan ide terkait topik menjaga kebersihan lingkungan sekitar kemudian mempresentasikan ide tersebut secara lisan dengan berbicara di depan kelas menggunakan suara yang keras, jelas, dan intonasi yang tepat serta bersikap santun dalam menyampaikan.  

Profil Pelajar Pancasila

Bergotong royong : Memberi dan menerima hal yang dianggap berharga dan penting kepada/dari orang-orang di lingkungan sekitar.

Glosarium

 

Ide : rancangan yang tersusun di dalam pikiran; gagasan; cita-cita

Presentasi : penyajian atau pertunjukan (tentang sandiwara, film, dan sebagainya) kepada orang-orang yang diundang

 

 

 

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

Pelajar dapat menggunakan ADIK SIMBA untuk memperjelas pemahaman terhadap penjelasan yang disampaikan oleh guru, teman, dan orang dewasa di sekitarnya saat berdiskusi sebagai bentuk partisipasi. (Topik diskusi adalah mengenai lingkungan alam dan lingkungan buatan)

 

Perkiraan Jumlah Jam

5 x 35 menit (120 menit)

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

·         Kata/Frasa Kunci : mengajukan pertanyaan (ADIK SIMBA)

·         Topik/Konten Inti : Memperjelas pemahaman dengan cara mengajukan pertanyaan

·         Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar belajar memahami penjelasan yang disampaikan oleh orang lain (guru, teman, dan orang dewasa di sekitarnya). Jika masih ada penjelasan yang belum atau kurang dipahami, maka Pelajar memperjelasnya dengan cara mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya ADIK SIMBA. Sebelumnya, guru harus memberikan penjelasan tentang cara penggunaan kata tanya.   

Profil Pelajar Pancasila

Bernalar kritis : Mengajukan pertanyaan untuk menjawab keingintahuannya dan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan mengenai diri dan lingkungan sekitarnya.

Glosarium

 

Diskusi : pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah

Partisipasi : perihal turut berperan serta dalam suatu kegiatan; keikutsertaan; peran serta

 

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

Pelajar dapat menceritakan ulang sebuah cerita atau pengalaman secara lebih rinci terkait topik cuaca dan aktivitas yang dilakukan dalam kondisi cuaca yang berbeda

 

Perkiraan Jumlah Jam

5 x 35 menit (120 menit)

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

·         Kata/Frasa Kunci : menceritakan ulang, pengalaman, rinci

·         Topik/Konten Inti : Menceritakan ulang sebuah cerita atau pengalaman secara rinci

·         Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar belajar memahami isi cerita dari buku atau cerita pengalaman, kemudian menyusun alur cerita berdasarkan bagian – bagian / peristiwa penting yang terjadi dan menceritakannya secara lisan atau tulis   

Profil Pelajar Pancasila

Bergotong royong : Memberi dan menerima hal yang dianggap berharga dan penting kepada/dari orang-orang di lingkungan sekitar.

Glosarium

 

Pengalaman : yang pernah dialami (dirasai, dijalani, ditanggung, dan sebagainya)

 

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

Pelajar dapat memberikan tanggapan atas komentar orang lain sesuai dengan konteksnya.

Perkiraan Jumlah Jam

5 x 35 menit (120 menit)

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

·         Kata/Frasa Kunci : memberikan tanggapan, komentar, konteks

·         Topik/Konten Inti : memberikan tanggapan atas komentar orang lain

·         Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar belajar menerima komentar yang disampaikan oleh orang lain dan memberikan tanggapan atas komentar tersebut sesuai dengan konteksnya secara santun.    

Profil Pelajar Pancasila

Gotong royong (komunikasi) : Menyimak informasi sederhana dari orang lain dan menyampaikan informasi sederhana kepada orang lain.

Glosarium

Tanggapan : sambutan terhadap ucapan (kritik, komentar, dan sebagainya)

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 


NIP. ………………………

 

Jambi,             Juni 2022

Guru Mata Pelajaran

 

 

 


NIP. …………………………

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Drama Beuty and the Beast versi B.Inggris

HERNIA DIAFRAGMATIKA (KELAINAN PADA PEMBENTUKAN SISTEM PERNAFASAN)

MODUL AJAR PAI BAB 3 KELAS 1 SD/MI FASE A KURIKULUM MERDEKA