Ketika Bulan Ramadhan Akan Pergi Meninggalkan Kita





Tidak terasa hampir tiga puluh hari telah terlewati. Betapa dahsyat kuasa-Nnya hingga kita bisa bertahan menahan hawa nafsu.  Sungguh nikmat Tuhan manalagi yang kau dustakan. Tidak sulit menjalaninya jika memang kita berniat sungguh-sungguh. Dengan berpuasa, kita telah bisa menahan rasa haus dan lapar, menahan amarah, menahan perbuatan-perbuatan yang dibenci oleh-Nya dan kita terbiasa dengan mengerjakan amalan baik dengan maksimal. Itu semua dilakukan semata-mata hanya untuk mendapat Rahmat Allah SWT.
            Namun, apa yang terjadi jika bulan Ramadhan telah meninggalkan kita? Masihkah kita melakukan amalan baik dengan maksimal di hari-hari biasa? Ataukah kita menjadi lalai karena amalan yang dihitung tidak dilipat gandakan. Ini juga menjadi renungan untuk diri saya sendiri. Dan semoga kita bisa menjadi hamba Allah yang selalu istiqomah di jalan-Nya. Aamiin.
            Ketika berbicara Ramadhan akan pergi, pastinya akan ada yang datang. Iya, bulan Syawal menyambut di hari fitri. Yang mana kebanyakan orang-orang menyebutnya “Lebaran”. Lebaran adalah hari di mana semua orang saling bersilaturahmi dengan berkunjung ke rumah satu dan lainnya dengan tujuan saling memaafkan di hari yang Fitri. Lebaran juga identik dengan kumpulnya semua anggota keluarga yang syahdu. Kue nastar, ketupat, dan opor ayam menjadi salah satu menu khas yang menemani. Tak lupa THR atau Tunjangan Hari Raya yang dinanti oleh anak-anak kecil sebagai hadiah karena sudah mulai berlatih berpuasa.  
            Namun, yang terpenting dari itu semua adalah nilai-nilai moral yang bisa kita lakukan. Apa itu? Yaitu bersedekah. Apa mungkin kita tega melihat diri kita bersuka-cita menyambut lebaran dengan mewah sedangkan ada saudara muslim kita untuk makan saja susah. Apalagi untuk bermewah-mewah dengan pakaian yang baru, hidangan yang lezat serta kebahagiaan yang syahdu? Pasti jawabannya tidak tega. Untuk itu, marilah kita berbagi kebahagiaan. Entah itu makanan, uang, atau baju. Itu adalah suatu kebahagiaan bagi mereka yang membutuhkan. Ayo buka mata dan hati kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Drama Beuty and the Beast versi B.Inggris

HERNIA DIAFRAGMATIKA (KELAINAN PADA PEMBENTUKAN SISTEM PERNAFASAN)

MODUL AJAR PAI BAB 3 KELAS 1 SD/MI FASE A KURIKULUM MERDEKA