ATP ( Alur Tujuan Pembelajaran) Bahasa Indonesia Kelas 2 SD FASE A Kurikulum Merdeka
ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN (Bahasa Indonesia,
Fase A,
Kelas II)
Penulis :
Rasional : Kemampuan
berbahasa, bersastra, dan berpikir merupakan fondasi dari kemampuan literasi.
Semua bidang kajian, bidang kehidupan, dan tujuan-tujuan sosial menggunakan
kemampuan literasi. Literasi menjadi kemampuan sangat penting yang digunakan
untuk bekerja dan belajar sepanjang hayat. Dengan demikian, pembelajaran bahasa
Indonesia merupakan pembelajaran literasi untuk berbagai tujuan berkomunikasi
dalam konteks sosial budaya Indonesia. Kemampuan literasi dikembangkan ke dalam
pembelajaran menyimak, membaca dan memirsa, menulis, berbicara, dan
mempresentasikan untuk berbagai tujuan berbasis genre yang terkait dengan penggunaan
bahasa dalam kehidupan. Setiap genre memiliki tipe teks yang didasarkan pada
alur pikir struktur khas teks tertentu. Tipe teks
merupakan alur pikir yang dapat mengoptimalkan penggunaan bahasa untuk bekerja
dan belajar sepanjang hayat. Model utama yang digunakan dalam pembelajaran
bahasa Indonesia adalah pedagogi genre. Model ini memiliki empat tahapan,
yaitu: penjelasan untuk membangun konteks (explaining, building the context),
pemodelan (modelling), pembimbingan (joint construction), dan pemandirian (independent
construction). Di samping pedagogi 2 genre, pembelajaran bahasa Indonesia dapat
dikembangkan dengan model-model lain sesuai dengan pencapaian pembelajaran
tertentu. Pembinaan dan pengembangan kemampuan berbahasa Indonesia akan
membentuk pribadi Pancasila yang beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa
dan berakhlak mulia, berpikir kritis, mandiri, kreatif, bergotong royong, dan
berkebinekaan global.
Capaian
Pembelajaran (CP) |
Pelajar
memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan
tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan
sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan
perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara
santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai
kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam. |
Tujuan
Pembelajaran |
Pelajar dapat
memilih teks sesuai minatnya terkait topik ciri fisik dan fungsi anggota
tubuh beberapa jenis hewan yang ada di lingkungan sekitar, melakukan
pengamatan terhadap isi teks dan menjelaskan informasi penting dalam teks
audiovisual dan teks aural (teks yang dibacakan) yang sesuai jenjangnya. |
Perkiraan
Jumlah Jam |
5 x 35 menit (120
menit) |
Kata/Frasa Kunci,
Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat |
·
Kata/Frasa Kunci : informasi penting, teks audiovisual, teks
aural ·
Topik/Konten Inti : Menjelaskan informasi penting dalam teks
sesuai jenjangnya ·
Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah pelajar belajar
untuk mengidentifikasi informasi penting dengan cara menjawab pertanyaan
pemantik dari guru dan menjelaskannya |
Profil
Pelajar Pancasila |
Bernalar
Kritis : Mengidentifikasi dan mengatur informasi dan gagasan yang sederhana. |
Glosarium
|
Ciri fisik :
Ciri yang dapat dikenali dengan alat indera, menyangkut bagian tubuh hewan
seperti : cakar, bulu, mata, dll. |
Capaian
Pembelajaran (CP) |
Pelajar
memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan
tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan
sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan
perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara
santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai
kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan
Pembelajaran |
Pelajar dapat mengidentifikasi dan menjelaskan arti kata – kata
yang sering digunakan dan kata – kata baru dengan bantuan konteks kalimat dan
gambar/ilustrasi terkait topik peran warga sekolah di lingkungan
sekolah |
Perkiraan
Jumlah Jam |
5 x 35 menit (120
menit) |
Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti,
Penjelasan Singkat |
·
Kata/Frasa Kunci : kata – kata yang sering digunakan dan kata –
kata baru ·
Topik/Konten Inti : Mengidentifikasi dan menjelaskan arti kata –
kata yang sering digunakan dan kata – kata baru ·
Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar
belajar untuk mengidentifikasi kata – kata yang sering digunakan dan kata –
kata baru dalam sebuah teks kemudian mencari artinya dengan menggunakan kamus
dan menjelaskan arti kata tersebut |
Profil
Pelajar Pancasila |
Bernalar
Kritis : Mengidentifikasi dan mengatur informasi dan gagasan yang sederhana. |
Glosarium
|
Tata tertib : peraturan yang harus ditaati Hak : Sesuatu yang dapat diterima Kewajiban : Sesuatu yang harus dilakukan |
Capaian
Pembelajaran (CP) |
Pelajar
memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan
tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan
sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan
perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara
santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai
kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan
Pembelajaran |
Pelajar dapat membuat simpulan dalam bentuk kalimat sederhana
yang berangkat dari pemahamannya terhadap teks naratif dan informasional yang
sesuai dengan jenjangnya dengan bantuan gambar denah sederhana tentang rumah
atau sekolah |
Perkiraan
Jumlah Jam |
5 x 35 menit (120
menit) |
Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti,
Penjelasan Singkat |
·
Kata/Frasa Kunci : simpulan, teks naratif, informational ·
Topik/Konten Inti : Membuat simpulan dalam bentuk kalimat
sederhana ·
Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah pelajar
belajar menulis sebuah simpulan dalam bentuk kalimat sederhana, bisa terdiri
dari beberapa kata, sebagai hasil dari pemahamannya terhadap teks naratif dan
informational. |
Profil
Pelajar Pancasila |
Kreatif
: Menghasilkan karya dan tindakan sesuai dengan minat dan kesukaannya,serta
untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya |
Glosarium
|
·
Simpulan : hasil menyimpulkan; kesimpulan ·
Teks naratif : teks yang tidak bersifat dialog, dan isinya
merupakan suatu kisah sejarah, deretan peristiwa, dan sebagainya ·
Denah : gambar rancangan (rumah, bangunan, dan sebagainya) |
Capaian
Pembelajaran (CP) |
Pelajar
memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan
tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan
sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan
perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara
santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai
kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan
Pembelajaran |
Pelajar dapat menganalisis kalimat
yang disukainya dari sebuah bacaan terkait topik cuaca dan aktivitas manusia
pada kondisi cuaca yang berbeda serta menuliskan ulang kalimat dari buku yang
dibaca/dibacakan kepadanya. |
Perkiraan
Jumlah Jam |
5 x 35 menit (120
menit) |
Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti,
Penjelasan Singkat |
·
Kata/Frasa Kunci : menuliskan ulang ·
Topik/Konten Inti : Menuliskan ulang kalimat dari buku yang
dibaca/dibacakan kepadanya ·
Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar
belajar membaca dan atau menyimak bacaan yang dibacakan, kemudian menuliskan
kalimat dari buku tersebut dengan rapi dan tepat setelah melakukan pengamatan
dan menganalisis kalimat yang disukainya dari bacaan yang dibaca/dibacakan
kepadanya terkait topik cuaca dan aktivitas manusia pada kondisi cuaca yang
berbeda |
Profil
Pelajar Pancasila |
Mandiri
: Mengidentifikasi dan menggambarkan kemampuan, prestasi, dan ketertarikannya
secara subjektif |
Glosarium
|
·
Analisis : penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan
penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antarbagian untuk memperoleh
pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan ·
Aktivitas : kegiatan ·
Cuaca : keadaan udara (tentang suhu, cahaya matahari kelembapan,
kecepatan angin, dan sebagainya) pada satu tempat tertentu dengan jangka
waktu terbatas |
Capaian
Pembelajaran (CP) |
Pelajar
memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan
tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan
sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan
perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara
santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai
kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan
Pembelajaran |
Pelajar dapat menulis kalimat dalam teks deskripsi sederhana
berhubungan dengan topik lingkungan alam dan lingkungan buatan yang ada di
sekitarnya |
Perkiraan
Jumlah Jam |
5 x 35 menit (120
menit) |
Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti,
Penjelasan Singkat |
·
Kata/Frasa Kunci : menulis kalimat, teks deskripsi, kesehatan
diri ·
Topik/Konten Inti : Menulis kalimat dalam teks deskripsi
sederhana sesuai topik ·
Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar
belajar menulis kalimat dalam teks deskripsi sederhana sesuai topik
lingkungan alam dan lingkungan buatan yang ada di sekitarnya. Guru perlu
meyakinkan pelajar untuk mengenal dan memahami isi teks deskripsi sebelum
menulis kalimatnya. |
Profil
Pelajar Pancasila |
Mandiri
: Mengidentifikasi dan menggambarkan kemampuan, prestasi, dan ketertarikannya
secara subjektif |
Glosarium
|
Teks Deskripsi
: Teks yang memuat pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas
dan terperinci; uraian |
Capaian
Pembelajaran (CP) |
Pelajar
memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan
tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan
sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan
perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara
santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai
kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan
Pembelajaran |
Pelajar dapat mengidentifikasi dan merevisi penulisan kalimat
yang ditulisnya (terkait penggunaan huruf kapital dan tanda baca) dengan
bimbingan dari guru. |
Perkiraan
Jumlah Jam |
5 x 35 menit (120
menit) |
Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti,
Penjelasan Singkat |
·
Kata/Frasa Kunci : mengidentifikasi, merevisi, huruf kapital,
tanda baca ·
Topik/Konten Inti : Mengidentifikasi dan merevisi penulis kaimat
yang ditulisnya ·
Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar
belajar menulis kalimat sederhana kemudian dengan bimbingan dari guru,
Pelajar mengidentifikasi dan merevisi penulisan kalimat yang tidak sesuai
ejaan dan tanda baca yang benar. Guru perlu menjelaskan dulu tentang
penggunaan huruf kapital dan tanda baca yang tepat dalam kalimat. |
Profil
Pelajar Pancasila |
Bergotong
royong : Mengenali kebutuhan - kebutuhan diri sendiri yang memerlukan orang
lain dalam pemenuhannya. |
Glosarium
|
Mengidentifikasi : menentukan atau menetapkan identitas (orang,
benda, dan sebagainya) Merevisi :
memperbaiki; memperbarui |
Capaian
Pembelajaran (CP) |
Pelajar
memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan
tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan
sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan
perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara
santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai
kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan
Pembelajaran |
Pelajar dapat merancang ide terkait upaya menjaga kebersihan
lingkungan sekitar dan mempresentasikan ide tersebut secara lisan. |
Perkiraan
Jumlah Jam |
5 x 35 menit (120
menit) |
Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti,
Penjelasan Singkat |
·
Kata/Frasa Kunci : mempresentasikan ide, topik ·
Topik/Konten Inti : Mempresentasikan ide terkait topik secara
lisan ·
Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar
belajar menemukan ide terkait topik menjaga kebersihan lingkungan sekitar
kemudian mempresentasikan ide tersebut secara lisan dengan berbicara di depan
kelas menggunakan suara yang keras, jelas, dan intonasi yang tepat serta
bersikap santun dalam menyampaikan. |
Profil
Pelajar Pancasila |
Bergotong
royong : Memberi dan menerima hal yang dianggap berharga dan penting
kepada/dari orang-orang di lingkungan sekitar. |
Glosarium
|
Ide : rancangan yang tersusun di dalam pikiran; gagasan;
cita-cita Presentasi : penyajian atau pertunjukan (tentang sandiwara,
film, dan sebagainya) kepada orang-orang yang diundang |
Capaian
Pembelajaran (CP) |
Pelajar
memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan
tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan
sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan
perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara
santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai
kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan
Pembelajaran |
Pelajar dapat menggunakan ADIK SIMBA untuk memperjelas
pemahaman terhadap penjelasan yang disampaikan oleh guru, teman, dan orang
dewasa di sekitarnya saat berdiskusi sebagai bentuk partisipasi. (Topik
diskusi adalah mengenai lingkungan alam dan lingkungan buatan) |
Perkiraan
Jumlah Jam |
5 x 35 menit (120
menit) |
Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti,
Penjelasan Singkat |
·
Kata/Frasa Kunci : mengajukan pertanyaan (ADIK SIMBA) ·
Topik/Konten Inti : Memperjelas pemahaman dengan cara mengajukan
pertanyaan ·
Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar
belajar memahami penjelasan yang disampaikan oleh orang lain (guru, teman,
dan orang dewasa di sekitarnya). Jika masih ada penjelasan yang belum atau
kurang dipahami, maka Pelajar memperjelasnya dengan cara mengajukan
pertanyaan menggunakan kata tanya ADIK SIMBA. Sebelumnya, guru harus
memberikan penjelasan tentang cara penggunaan kata tanya. |
Profil
Pelajar Pancasila |
Bernalar
kritis : Mengajukan pertanyaan untuk menjawab keingintahuannya dan untuk
mengidentifikasi suatu permasalahan mengenai diri dan lingkungan sekitarnya. |
Glosarium
|
Diskusi : pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu
masalah Partisipasi : perihal turut berperan serta dalam suatu kegiatan;
keikutsertaan; peran serta |
Capaian
Pembelajaran (CP) |
Pelajar
memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan
tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan
sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan
perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara
santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai
kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan
Pembelajaran |
Pelajar dapat menceritakan ulang sebuah cerita atau pengalaman
secara lebih rinci terkait topik cuaca dan aktivitas yang dilakukan dalam
kondisi cuaca yang berbeda |
Perkiraan
Jumlah Jam |
5 x 35 menit (120
menit) |
Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti,
Penjelasan Singkat |
·
Kata/Frasa Kunci : menceritakan ulang, pengalaman, rinci ·
Topik/Konten Inti : Menceritakan ulang sebuah cerita atau
pengalaman secara rinci ·
Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar
belajar memahami isi cerita dari buku atau cerita pengalaman, kemudian
menyusun alur cerita berdasarkan bagian – bagian / peristiwa penting yang
terjadi dan menceritakannya secara lisan atau tulis |
Profil
Pelajar Pancasila |
Bergotong
royong : Memberi dan menerima hal yang dianggap berharga dan penting
kepada/dari orang-orang di lingkungan sekitar. |
Glosarium
|
Pengalaman :
yang pernah dialami (dirasai, dijalani, ditanggung, dan sebagainya) |
Capaian
Pembelajaran (CP) |
Pelajar
memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan
tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan
sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan
perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara
santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai
kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan
Pembelajaran |
Pelajar dapat memberikan tanggapan atas komentar orang lain
sesuai dengan konteksnya. |
Perkiraan
Jumlah Jam |
5 x 35 menit (120
menit) |
Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti,
Penjelasan Singkat |
·
Kata/Frasa Kunci : memberikan tanggapan, komentar, konteks ·
Topik/Konten Inti : memberikan tanggapan atas komentar orang
lain ·
Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar
belajar menerima komentar yang disampaikan oleh orang lain dan memberikan
tanggapan atas komentar tersebut sesuai dengan konteksnya secara
santun. |
Profil
Pelajar Pancasila |
Gotong
royong (komunikasi) : Menyimak informasi sederhana dari orang lain dan
menyampaikan informasi sederhana kepada orang lain. |
Glosarium
|
Tanggapan :
sambutan terhadap ucapan (kritik, komentar, dan sebagainya) |
Mengetahui, Kepala Sekolah NIP. ……………………… |
|
Jambi,
Juni 2022 Guru Mata Pelajaran NIP. ………………………… |
Komentar
Posting Komentar