MODUL AJAR PAI KELAS 2 SD/MI FASE A KURIKULUM MERDEKA

 

MODUL AJAR

KURIKULUM MERDEKA

 

IDENTITAS MODUL

Penyusun                   : Muhammad Rifki Azhari, S.Pd

Instansi                      :

Tahun Penyusunan    : 2022

Jenjang Sekolah         : SD/MI

Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam

Fase/Kelas                 : A/2

Bab 1                         : Ayo membaca Al-Qur’an

Tema                                     : Surah An-Nas

  Alokasi Waktu          : 2 Minggu

KOMPETENSI AWAL

·         Peserta didik dapat membaca QS. an-Nās dengan tartil

PROFIL PELAJAR PANCASILA

·         Mandiri

·         Bernalar Kritis

·         Kreatif

SARANA DAN PRASARANA

1)   Papan tulis, spidol, serta alat tulis lainnya

2)  Proyektor LCD, pelantang (speaker) aktif, laptop, serta media pembelajaran interaktif berupa video dan poster

TARGET PESERTA DIDIK

·         Peserta didik regular/tipikal umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar

·         Peserta didik dengan pencapaian tinggi , mencerna dengan cepat, ammpu mencapai keterampilan berpikir tinggi (HOTS) dan memiliki keterampilan memimpin.

 

JUMLAH PESERTA DIDIK

·         Minimum 15 peserta didik, maksimum 25 peserta didik

MODEL PEMBELAJARAN

·         Model pembelajaran tatap muka dan blended learning

KOMPONEN INTI

A. TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tujuan pembelajaran bab ini :

·         Dengan menyimak dan menanggap tentang surah an-nas secara lisan, peserta didik dapat Peserta didik dapat membaca QS. an-Nās dengan tartil..

B. PEMAHAMAN BERMAKNA

·         Meningkatkan kemampuan membaca siswa tentang surah an-nas

C. PERTANYAAN PEMANTIK

·         Tahukah kalian Surah an-Nās?

D. PERSIAPAN BELAJAR

ü  Guru menyapa siswa dan memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar (Morning talk)

ü  Guru dan siswa murojaah surah, hadist dan siroh (Circle time)

ü  Doa sebelum belajar

ü  Guru menyampaikan ketentuan dan peraturan sebelum belajar

ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi

E. KEGIATAN PEMBELAJARAN

      Pendahuluan

1.      Guru membuka kegiatan dengan aktifitas rutin kelas, sesuai kesepakatan kelas

2.      Berdoa

3.      Guru menyapa, mengajak peserta didik berkomunikasi mengenai kegiatan mereka sebelum ke sekolah

4.      Literasi

5.      Diskusi mengenai hasil literasi

6.      Guru mengajak peserta didik menyimpulkan dan mengajukan pertanyaan

     Kegiatan Inti

Mengamati

1.      Siswa mencermati guru memberikan contoh bacaan surah An-Naas yang benar.

2.      Siswa mencermati guru melafalkan surah An-Naas dengan suara jelas ayat 1 s.d. 2 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).

3.      Peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan atau berdasarkan tempat duduk secara bergantian menirukan melakukan 1-2 kali.

4.      Siswa mencermati guru melafalkan surah An-Naas  dengan suara jelas ayat 1 s.d. 4 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).

5.      Peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan atau berdasarkan tempat duduk secara bergantian melakukan 1-2 kali.

6.      Siswa mencermati guru melafalkan surah An-Naas dengan suara jelas, ayat 1 s.d. 6 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).

 

Menanya

1.    Melalui motivasi dari guru, peserta didik  menanya arti bacaan surah An-Naas.

2.    Peserta didik mengajukan pertanyaan terkait membaca surah An-Naas.

 

Mengekplorasi/menalar.

1.      Siswa diterangkan oleh guru melafalkan surah An-Naas.

2.      Siswa melakukan explorasi suarah An-Naas dengan Tepuk tangan islami An-Naas, dilakukan bergantian antara guru dan siswa.

·         Tepuk An-Naas (tepuk tangan 3x)

·         Surah kesatu (tepuk tangan 3x)

·         An-Naas (tepuk tangan 3x)

·         Artinya (tepuk tangan 3x)

·         Manusia (tepuk tangan 3x)

·         Jumlahnya (tepuk tangan 3x)

·         Enam ayat (tepuk tangan 3x)

·         Diturunkan (tepuk tangan 3x)

·         Di Mekkah (tepuk tangan 3x)

 

Mengasosiasi/mencoba.

1.      Peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan atau berdasarkan tempat duduk secara bergantian melakukan 1-2 kali. Apabila peserta didik belum bisa melafalkan dengan lancar, dapat diulangi melalui cara yang sama dari langkah 1 s.d. 6. Apabila sudah banyak yang melafalkan secara  individual, peserta didik mendemonstrasikan pelafalannya.

2.      Pada kolom “sikapku”, guru menjelaskan bahwa peserta didik secara mandiri dapat melafalkan sendiri.

3.      Pada kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) untuk melafalkan surah al-Fatihah secara bergantian

 

Komunikasi/demonstrasi/Networking

1.      Siswa mendemonstrasikan lafal surah An-Naas bersama-sama dengan benar.

2.      Siswa mendemonstrasikan lafal surah An-Naas sendiri-sendiri di didepan guru.

3.      Dibantu guru peserta didik membuat kesimpulan

 

   Kegiatan Penutup

1.      Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;

2.      Tugas, guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “insya Allah aku bisa” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf.

3.      Kegiatan ini dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati perkembangan kemampuan anak melafalkan surah An-Naas.

4.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Membaca do’a penutupan “Alhamdulillah”

Artinya :
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam

 

 

G. REFLEKSI

No

Nama Peserta Didik

Nilai Peserta Didik

 

 

Membaca surah an-nas

Membaca surah an-nas dengan lancar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

H. ASESMEN/PENILAIAN

Asesmen Formatif

Nama Peserta Didik

Dapat menyebutkan 1 ayat

Nilai = 1

Dapat menyebutkan 2 ayat

Nilai = 2

Dapat menyebutkan lebih 3 ayat

Nilai = 3

Dapat menyebutkan semua ayat

Nilai = 4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 1 = kurang      2 = cukup     3 = baik         4 = sangat baik

 

I. KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Pengayaan : guru mengajak anak untuk melafalkan surah an-nas dengan irama jiharkah.

Remedial : remedial dilakukan dengan diberikan kepada peserta didik yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang siswa yang belum mencapai CP.

 

B. BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK

Bahan bacaan guru :

·         Al-Quran dan terjmahannya

·         Buku PAI dan Budi Pekerti SD Kelas II

 

Bahan bacaan siswa :

·         Buku PAI dan Budi Pekerti SD Kelas II

 

 

 

 

 

 

 

 

MODUL AJAR

KURIKULUM MERDEKA

 

IDENTITAS MODUL

Penyusun                   : Muhammad Rifki Azhari, S.Pd

Instansi                      :

Tahun Penyusunan    : 2022

Jenjang Sekolah         : SD/MI

Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam

Fase/Kelas                 : A/2

Bab 1                         : Ayo membaca Al-Qur’an

Tema                                     : Pesan Surah An-Naas

  Alokasi Waktu          : 2 Minggu

KOMPETENSI AWAL

·         Peserta didik mampu mengimplementasikan pemahaman dari surah an-Naas.

·         Peserta didik mengetahui makna atau pesan-pesan dalam surah an-Naas.

PROFIL PELAJAR PANCASILA

·         Mandiri

·         Bernalar Kritis

·         Kreatif

SARANA DAN PRASARANA

1)   Papan tulis, spidol, serta alat tulis lainnya

2)  Proyektor LCD, pelantang (speaker) aktif, laptop, serta media pembelajaran interaktif berupa video dan poster

TARGET PESERTA DIDIK

·         Peserta didik regular/tipikal umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar

·         Peserta didik dengan pencapaian tinggi , mencerna dengan cepat, ammpu mencapai keterampilan berpikir tinggi (HOTS) dan memiliki keterampilan memimpin.

 

JUMLAH PESERTA DIDIK

·         Minimum 15 peserta didik, maksimum 25 peserta didik

MODEL PEMBELAJARAN

·         Model pembelajaran tatap muka dan blended learning

KOMPONEN INTI

A. TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tujuan pembelajaran bab ini :

·         Dengan menyimak dan menanggap tentang surah an-nas secara lisan, peserta didik menyebutkan pesan-pesan yang terkandung di dalam surah an-Naas dengan benar..

B. PEMAHAMAN BERMAKNA

·         Meningkatkan kemampuan membaca siswa tentang surah an-nas

C. PERTANYAAN PEMANTIK

·         Tahukah kalian Surah an-Nās?

D. PERSIAPAN BELAJAR

ü  Guru menyapa siswa dan memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar (Morning talk)

ü  Guru dan siswa murojaah surah, hadist dan siroh (Circle time)

ü  Doa sebelum belajar

ü  Guru menyampaikan ketentuan dan peraturan sebelum belajar

ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi

E. KEGIATAN PEMBELAJARAN

      Pendahuluan

1.      Guru membuka kegiatan dengan aktifitas rutin kelas, sesuai kesepakatan kelas

2.      Berdoa

3.      Guru menyapa, mengajak peserta didik berkomunikasi mengenai kegiatan mereka sebelum ke sekolah

4.      Literasi

5.      Diskusi mengenai hasil literasi

6.      Guru mengajak peserta didik menyimpulkan dan mengajukan pertanyaan

Kegiatan Inti

Mengamati

·         Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang pesan-pesan yang terkandung di dalam surah an-Naas, secara klasikal atau individual.

·         Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dengan kemampuan yang beragam.

 

Menanya

·         Melalui motivasi dari guru, peserta didik  menanya arti bacaan surah An-Naas.

·         Peserta didik mengajukan pertanyaan terkait pesan-pesan yang terkandung dalam surah An-Naas.

 

Mengekplorasi/menalar.

·         Guru menerangkan tentang pesan-pesan yang terkandung dalam surah An-Naas.

·         Siswa menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang pesan-pesan yang terkandung di dalam surah an-Naas.

·         Guru membimbing jalannya diskusi dan kelompok yang lain saling mengoreksi.

·         Salah satu kelompok atau individu menyampaikan kesimpulan hasil diskusi.

·         Guru memberikan penguatan hasil diskusi.

 

Mengasosiasi/mencoba.

·         Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah menguasai materi, diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan. Guru dapat memberi rangsangan berupa kisah lain terkait surah an-Naas.Dalam hidup ini bahaya apa saja bisa datang secara tiba-tiba. Tugas manusia adalah meminta perlindungan kepada Allah Swt. Guru juga bisa mengajak kunjungan ke tempat pengajian al-Qur’ān yang terdekat untuk menumbuhkan semangat mempelajari al-Qur’ān. Guru juga bisa menunjukkan sebuah kaligrafi surah an-Naas untuk memberi semangat betapa indahnya seni menulis huruf al-Qur’ān.

·         Pada rubrik “Sikapku”, guru menjelaskan pentingnya peserta didik untuk selalu memohon perlindungan kepada Allah Swt.

·         Pada rubrik “Ayo Kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) untuk menyebutkan pesan-pesan surah an-Naas secara bergantian.

·         Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (v) pada rubrik ‘sudah’ atau ‘belum’.

·         Pada rubrik “Ayo Berlatih”, peserta mengerjakan latihan 1 s.d. 3

 

Komunikasi/demonstrasi/Networking

·         Siswa dapat menyebutkan pesan-pesan yang terkandung dalam surah An-Naas bersama-sama dengan benar.

·         Siswa menyebutkan pesan-pesan yang terkandung dalam surah An-Naas sendiri-sendiri di didepan guru.

·         Dibantu guru peserta didik membuat kesimpulan.

 

Penutup

·         Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;

·         Tugas, guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “insya Allah aku bisa” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf.

·         Kegiatan ini dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati perkembangan kemampuan anak menyebutkan pesan-pesan yang terkandung dalam surah An-Naas.

·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

·         Membaca do’a penutupan “Alhamdulillah” Artinya :Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Drama Beuty and the Beast versi B.Inggris

HERNIA DIAFRAGMATIKA (KELAINAN PADA PEMBENTUKAN SISTEM PERNAFASAN)

MODUL AJAR PAI BAB 3 KELAS 1 SD/MI FASE A KURIKULUM MERDEKA