MODUL AJAR PAI BAB 4 KELAS 1 SD/MI FASE A KURIKULUM MERDEKA

 

MODUL AJAR

KURIKULUM MERDEKA

 

IDENTITAS MODUL

Penyusun                   : Muhammad Rifki Azhari, S.Pd

Instansi                      :

Tahun Penyusunan    : 2022

Jenjang Sekolah         : SD/MI

Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam

Fase/Kelas                 : A/1

Bab 4                         : Mengenal Rukun Islam

Tema                                    : Mengerti Rukun Islam

  Alokasi Waktu          : 2 Minggu

KOMPETENSI AWAL

·      Peserta didik diharapkan mampu mempercayai rukun Islam

·      Peserta didik diharapkan mampu menyebutkan arti rukun Islam dengan benar;

·      Peserta didik diharapkan mampu menyebutkan macam-macam rukun islam dengan benar;

·      Peserta didik diharapkan mampu menghafal lima rukun Islam dengan lancar

 

PROFIL PELAJAR PANCASILA

·      Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa,

·      Berakhlak Mulia,

·      Mandiri,

·      Bernalar Kritis,

·      Kreatif,

·      Bergotong-Royong,

·      Berkebinekaan Global

SARANA DAN PRASARANA

1)  Papan tulis, spidol, serta alat tulis lainnya

2)  Proyektor LCD, pelantang (speaker) aktif, laptop, serta media pembelajaran interaktif berupa gambar/poster

TARGET PESERTA DIDIK

·      Peserta didik reguler/tipikal

MODEL PEMBELAJARAN

·      Model pembelajaran tatap muka.

·      Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, dan card sort

KOMPONEN INTI

A.  TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tujuan Pembelajaran :

·      Peserta didik diharapkan mampu meyakini kebenaran rukun Islam, menyebutkan rukun Islam dengan baik, menghafal lima rukun Islam dengan lancar, dan menggambar ilusrasi “jalan kereta dan stasiun” rukun Islam dengan baik.

B.  PEMAHAMAN BERMAKNA

·      Mempercayai rukun Islam

·      Menyebutkan arti rukun Islam dengan benar;

·      Menyebutkan macam-macam rukun islam dengan benar;

·      Menghafal lima rukun Islam dengan lancar

C.  PERTANYAAN PEMANTIK

·         Mengapa mereka mengerjakan salat, dan bagaimana cara melaksanakan salat dengan tertib

PERSIAPAN BELAJAR

ü  Guru menyapa siswa dan memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar (Morning talk)

ü  Guru dan siswa murojaah surah, hadist dan siroh (Circle time)

ü  Doa sebelum belajar

ü  Guru menyampaikan ketentuan dan peraturan sebelum belajar

ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi

D.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

ü  Peserta didik telah siap menerima pelajaran. Setelah itu, guru mengawali pembelajaran dengan berdoa

ü  Guru membangkitkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan bernyanyi atau melakukan gerakan senam secara bersama-sama.

ü  Selanjutnya, guru meminta peserta didik untuk mengamati Gambar 4.1 pada buku teks di bagian awal Bab 4. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk menceritakan gambar yang terdapat pada buku siswa, lalu memberikan penguatan kepada mereka bahwa dalam Gambar 4.1 menceritakan Ahmad dan teman-temannya sedang berangkat ke masjid untuk menjalankan ibadah.

ü  Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik terkait dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada Bab 4. Terakhir, guru meminta peserta didik mengamati peta konsep dan guru memberikan penjelasan bahwa dalam peta konsep tersebut menggambarkan alur materi yang akan dipelajari dalam Bab 4.

 

Kegiatan Inti

·         Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok yang heterogen dengan jumlah anggota per kelompok sebanyak empat anak.

·         Peserta didik diarahkan untuk mengamati Gambar 4.3.

·         Guru menjelaskan bahwa setiap bulan Ramadhan umat Islam diwajibkan membayar zakat karena zakat merupakan salah satu rukun Islam.

·         Guru memberikan pancingan pertanyaan tentang rukun Islam.

·         Guru menjelaskan lima rukun Islam.

·         Peserta didik menghafal rukun Islam dan mengulang-ulang pembacaan lima rukun Islam secara bersama-sama.

·         Tiap kelompok diberikan kartu berisi lima rukun Islam, lalu mereka diarahkan untuk berlomba menjadi yang tercepat mengurutkan kartu rukun Islam dengan benar.

·         Pada rubrik Tekadku, peserta didik diajak untuk membaca kalimat “Aku pasti hafal rukun Islam” dan melafalkannya secara berulang-ulang sehingga diharapkan peserta didik dapat termotivasi untuk menghafalkan lima rukun Islam.

·         Pada rubrik Kegiatan Kelompokku, tiap-tiap kelompok dibagikan kertas manila dan pensil warna.

·         Tiap kelompok menggambar rangkaian “kereta dan stasiun” rukun Islam. Untuk memperjelas apa yang harus digambar oleh peserta didik pada rubrik ini, peserta didik diarahkan untuk mengamati Gambar  4.4.

·         Pada rubrik Kuuji Kemampuanku, peserta didik diarahkan untuk memberikan tanda centang () pada kolom (B) jika benar atau (S) jika salah.

 

Kegiatan Penutup

·         Menyimpulkan pembelajaran bahwa Dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

·         b)  Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam

E.  REFLEKSI

Pada akhir pelajaran, guru dapat memandu aktivitas refleksi peserta didik agar dapat mengemukakan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan. Hal itu dapat dilakukan dengan cara memancing respons dengan pertanyaan, membuat ajakan, memberikan ulasan singkat, atau menanamkan semacam persepsi dan sejenisnya terhadap peserta didik setelah materi pelajaran disampaikan oleh guru.

F.  ASESMEN / PENILAIAN

1)  Penilaian sikap spiritual dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagaiberikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

2)  Penilaian sikap sosial dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 3) Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian Benar (B) atau Salah (S), yaitu peserta didik memberikan tanda centang pada kolom yang tersedia pada buku siswa.

No.

Pernyataan

B

S

1

Rukun Islam ada lima.

 

 

2

Rukun Islam wajib dilaksanakan orang Islam

 

 

3

Salat adalah rukun Islam yang ketiga

 

 

 

4)  Penilaian keterampilan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian praktik. Instrumen yang digunakan adalah rubrik sebagai berikut.

Nama Peserta didik: ........................................

No.

Indikator

4

3

2

1

0

1

Menghafal rukun Islam secara urut

 

 

 

 

 

2

Keaktifan dalam kelompok mengurutkan

kartu rukun Islam

 

 

 

 

 

3

Keaktifan dalam kelompok menggambar

kereta dan stasiun rukun Islam

 

 

 

 

 

• Skor 4 diberikan apabila peserta didik memenuhi empat kriteria.

• Skor 3 diberikan apabila peserta didik memenuhi tiga kriteria.

• Skor 2 diberikan apabila peserta didik memenuhi dua kriteria.

• Skor 1 diberikan apabila peserta didik memenuhi satu kriteria.

• Skor 0 diberikan apabila peserta didik memenuhi kriteria sama sekali.

Catatan: Guru dapat memilih tehnik dan strategi lain dengan mengembangkan instrumen penilaian sendiri.

 

Kunci Jawaban

No.

Pernyataan

B

S

1

Rukun Islam ada lima.

ü   

 

2

Rukun Islam wajib dilaksanakan orang Islam

ü   

 

3

Salat adalah rukun Islam yang ketiga

 

ü   

Penskoran:

Tiap butir soal bernilai 10 sehingga jumlah skor sebanyak 30.

                                      Nilai = Perolehan Nilai x 100

                                                        Jumlah Skor

G.  KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Kegiatan Tindak Lanjut

1) Perbaikan

Kesempatan perbaikan nilai diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi KKM dengan cara meminta mereka mengulang materi yang dirasa sulit terlebih dahulu, lalu mencoba memberikan penilaian kembali.

 

2) Pengayaan

Kegiatan pengayaan diberikan kepada peserta didik yang sudah memenuhi KKM. Kegiatan pengayaan dapat berupa pendalaman materi dengan melakukan aktivitas pengayaan dan literasi yang terdapat pada buku siswa.

LAMPIRAN                       

A.  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

 

Nama :

Kelas :

Petunjuk!

Beri centang ()  pada kolom (B) jika benar atau (S) jika salah.

No.

Pernyataan

B

S

1

Rukun Islam ada lima.

 

 

2

Rukun Islam wajib dilaksanakan orang Islam

 

 

3

Salat adalah rukun Islam yang ketiga

 

 

 

 

 

Nilai

 

Paraf Orang Tua

 

 

 

 

 

 

 

 

B.  BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK

·      Buku panduan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Sumber Belajar Lain yang Relevan (buku elektronik, gim, alat peraga, dan lain-lain)

 

 

 

 

MODUL AJAR

KURIKULUM MERDEKA

 

IDENTITAS MODUL

Penyusun                   : Muhammad Rifki Azhari, S.Pd

Instansi                      :

Tahun Penyusunan    : 2022

Jenjang Sekolah         : SD/MI

Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam

Fase/Kelas                 : A/1

Bab 4                         : Mengenal Rukun Islam

Tema                                     : Mengenal Dua Kalimat Syahadat Beriman

  Alokasi Waktu          : 2 Minggu

B.  KOMPETENSI AWAL

·      Peserta didik diharapkan mampu melafalkan dua kalimat syahadat dengan lancar.

C.  PROFIL PELAJAR PANCASILA

·      Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa,

·      Berakhlak Mulia,

·      Mandiri,

·      Bernalar Kritis,

·      Kreatif,

·      Bergotong-Royong,

·      Berkebinekaan Global

D.  SARANA DAN PRASARANA

1)  Papan tulis, spidol, serta alat tulis lainnya

2)  Proyektor LCD, pelantang (speaker) aktif, laptop, serta media pembelajaran interaktif berupa gambar/poster

E.  TARGET PESERTA DIDIK

·      Peserta didik reguler/tipikal

F.  MODEL PEMBELAJARAN

·      Model pembelajaran tatap muka.

·      Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, demontrasi, dan reading aloud

KOMPNEN INTI

A.  TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tujuan Pembelajaran :

·      Peserta didik diharapkan mampu melafalkan dua kalimat syahadat dengan lancar.

B.  PEMAHAMAN BERMAKNA

  • Melafalkan dua kalimat syahadat dengan lancar;

C.  PERTANYAAN PEMANTIK

·         Mengapa kita harus mengucapkan kalimat syahadat?

·         Apa makna yang terkandung dalam dua kalimat syahadat?

D.  PERSIAPAN BELAJAR

ü  Guru menyapa siswa dan memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar (Morning talk)

ü  Guru dan siswa murojaah surah, hadist dan siroh (Circle time)

ü  Doa sebelum belajar

ü  Guru menyampaikan ketentuan dan peraturan sebelum belajar

Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi

D.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

·         Peserta didik telah siap menerima pelajaran. Setelah itu, guru mengawali pembelajaran dengan berdoa

·         Guru membangkitkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan bernyanyi atau melakukan gerakan senam secara bersama-sama.

·         Selanjutnya, guru meminta peserta didik untuk mengamati Gambar 4.4 pada buku teks di bagian awal Bab 4. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk menceritakan gambar yang terdapat pada buku siswa, lalu memberikan penguatan kepada mereka bahwa dalam Gambar 4.4 Belajar membaca kalimat syahadat.

·         Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik terkait dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada Bab 4. Terakhir, guru meminta peserta didik mengamati peta konsep dan guru memberikan penjelasan bahwa dalam peta konsep tersebut menggambarkan alur materi yang akan dipelajari dalam Bab 4.

Kegiatan Inti

·         Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok yang heterogen dengan jumlah anggota per kelompok sebanyak empat anak.

·         Peserta didik diarahkan untuk mengamati lafal syahadat tauhid dan syahadat rasul.

·         Guru membacakan dua kalimat syahadat dengan keras, lalu meminta peserta didik mengikutinya.

·         Guru memperhatikan bacaan yang paling bagus dari peserta didik.

·         Beberapa peserta didik yang paling bagus bacaannya diminta membacakannya dengan keras secara bergantian, sedangkan peserta didik yang lain diminta mendengarkan sambil melihat tulisan.

·         Setiap kelompok diminta membacakannya dengan keras secara bergantian.

·         Setiap kelompok mengutus satu anggota untuk diminta membacakannya dengan suara keras.

·         Guru mengajak peserta didik membacanya dengan keras secara bersama-sama.

·         Guru mengulang membacakannya dengan keras beberapa kali sampai semua bacaan peserta didik dianggap benar dan lancar.

·         Pada rubrik Tekadku, peserta didik diajak untuk membaca kalimat “Aku pasti hafal dua kalimat syahadat” dan melafalkannya secara berulang-ulang sehingga diharapkan dalam jiwa peserta didik tertanam keyakinan yang kuat bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad saw. adalah utusan Allah Swt.

·         Pada rubrik Kegiataku, peserta didik membuat kaligrafi lafal Allah dan Muhammad dengan cara menebalkan dan mewarnainya. Guru bisa memfotokopi kaligrafi lafal Allah dan Muhammad tersebut kemudian membagikan kertas kaligrafi tersebut kepada peserta didik untuk ditebalkan sekaligus dihias dan diwarnai.

·         Pada rubrik Kuuji Kemampuanku, peserta didik menjawab soal dengan memberikan tanda centang pada kolom (B) atau (S) pada buku siswa dengan dipandu oleh guru.

 

Kegiatan Penutup

·         Menyimpulkan pembelajaran bahwa Dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

·         Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam

E.  REFLEKSI

Pada akhir pelajaran, guru dapat memandu aktivitas refleksi peserta didik agar dapat mengemukakan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan. Hal itu dapat dilakukan dengan cara memancing respons dengan pertanyaan, membuat ajakan, memberikan ulasan singkat, atau menanamkan semacam persepsi dan sejenisnya terhadap peserta didik setelah materi pelajaran disampaikan oleh guru.

F.  ASESMEN / PENILAIAN

1)  Penilaian sikap spiritual dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

2)  Penilaian sikap sosial dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

3)  Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian tes lisan dan tulis. Tes lisan berupa tanya jawab dengan peserta didik, yaitu dengan meminta peserta didik untuk melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar. Sementar itu, tes tulis dapat dilakukan dengan meminta peserta didik mengerjakan soal tentang benar salah yang tersedia pada buku siswa.

Kunci Jawaban

No.

Pernyataan

B

S

1

Syahadat artinya kesaksian.

 

 

2

Syahadat ada dua, yaitu syahadat tauhid dan syahadat rasul.

 

 

3

Syahadat rasul menyatakan bahwa Nabi Muhammad saw. adalah utusan Allah Swt.

 

 

 Penskoran:

Tiap butir soal bernilai 10 sehingga jumlah skor sebanyak 30.

                         Nilai= Perolehan Nilai x 100

                                            Jumlah Skor

G.  KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Kegiatan Tindak Lanjut

1) Perbaikan

Kesempatan perbaikan nilai diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi KKM dengan cara meminta mereka mengulang materi yang dirasa sulit terlebih dahulu, lalu mencoba memberikan penilaian kembali.

 

2) Pengayaan

Kegiatan pengayaan diberikan kepada peserta didik yang sudah memenuhi KKM. Kegiatan pengayaan dapat berupa pendalaman materi dengan melakukan aktivitas pengayaan dan literasi yang terdapat pada buku siswa.

LAMPIRAN                       

A.  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

 

Nama :

Kelas :

Petunjuk!

Beri centang ()  pada kolom (B) jika benar atau (S) jika salah.

No.

Pernyataan

B

S

1

Syahadat artinya kesaksian.

 

 

2

Syahadat ada dua, yaitu syahadat tauhid dan syahadat rasul.

 

 

3

Syahadat rasul menyatakan bahwa Nabi Muhammad saw. adalah utusan Allah Swt.

 

 

 

 

Nilai

 

Paraf Orang Tua

 

 

 

 

 

 

 

 

B.  BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK

·      Buku panduan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Sumber Belajar Lain yang Relevan (buku elektronik, gim, alat peraga, dan lain-lain)

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Drama Beuty and the Beast versi B.Inggris

HERNIA DIAFRAGMATIKA (KELAINAN PADA PEMBENTUKAN SISTEM PERNAFASAN)

MODUL AJAR PAI BAB 3 KELAS 1 SD/MI FASE A KURIKULUM MERDEKA